• Jumat, 19 Agustus 2022

Hari Batik Nasional, Persit Korem 081/DSJ Membatik Massal Secara Virtual

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 00:57 WIB
Ketua Persit Koorcab Rem 081 PD V/Brawijaya pada kegiatan membatik bersama Dharma Pertiwi, Sabtu (2/10/2021) pagi. Membatik massal secara virtual itu dibuka langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. (Jabodetabek.id)
Ketua Persit Koorcab Rem 081 PD V/Brawijaya pada kegiatan membatik bersama Dharma Pertiwi, Sabtu (2/10/2021) pagi. Membatik massal secara virtual itu dibuka langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. (Jabodetabek.id)

Jabodetabek.id - Batik Indonesia saat ini telah dikenal secara mendunia. Bahkan oleh UNESCO, batik Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya dunia.

Untuk itulah, Persit Koorcab Rem 081 PD V/Brawijaya merasa perlu dan peduli untuk dapat melestarikannya dengan menggelar kegiatan membatik di kantor mereka yang berada di Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jawa Timur.

Kegiatan membatik yang bertemakan Membatik Bersama Mendunia itu juga bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini.

"Melalui peringatan Hari Batik Nasional kali ini, kita ingin berupaya dapat melestarikannya," kata Ketua Persit Koorcab Rem 081 PD V/Brawijaya pada kegiatan membatik bersama Dharma Pertiwi, Sabtu (2/10/2021) pagi. Membatik massal secara virtual itu dibuka langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Kegiatan yang melibatkan 100 ribu peserta itu, juga dalam upaya untuk memecahkan rekor MURI dalam membatik massal dengan jumlah peserta terbanyak. 

Untuk itulah, kegiatan itu juga diikuti oleh Ibu-Ibu Dharma Pertiwi lainnya, baik Persit KCK, Jalasenastri, dan Pia Ardhya Garini. "Kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Ketua Persit pun berharap, selain sebagai upaya untuk melestarikan batik sebagai warisan seni budaya bangsa Indonesia, kegiatan itu juga dapat membekali atau memberikan keterampilan kepada ibu-ibu di jajaran Dharma Pertiwi.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Ketua Persit menilai keterampilan membatik dapat menjadi solusi untuk membuang kejenuhan atau mengisi kesibukan selama di rumah.

Dia juga mengajak, agar mulai saat ini lebih mencintai batik dan sering menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari. "Mari jangan ragu menggunakan batik, karena memakai batik itu keren," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau Diresmikan

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:33 WIB

Polri Buru KKB Papua Pembunuh Pendeta dan 9 Warga

Minggu, 17 Juli 2022 | 18:44 WIB
X