• Jumat, 1 Juli 2022

Selain Gunung Semeru, Berikut Daftar Gunung Berapi Yang Pernah Meletus Dengan Dahsyat

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:25 WIB
Ilustrasi gunung meletus. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi gunung meletus. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Gunung Semeru mengalami awan panas longsor pada Sabtu (4/12/2021). Data awal tercatat 15 korban jiwa dan puluhan luka ringan maupun berat akibat bencana tersebut.

Letusan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini tidak hanya memakan korban jiwa, tetapi juga mengakibatkan rumah-rumah penduduk Lumajang dipenuhi material. Jembatan Gradak Perak yang menghubungkan Malang dan pemerintahan Lumajan juga terputus.

Dua kecamatan terdampak guguran awan panas dan delapan kabupaten terkena abu vulkanik akibat awan panas Gunung Semeru. Total populasi daerah yang terkena dampak adalah 5.205. Namun, hanya 1.300 orang yang memilih mengungsi ke tempat yang disediakan.

Ini adalah daftar 10 letusan gunung berapi yang dahsyat dan menewaskan banyak orang.

Baca Juga: Kode Redeem Mobile Legends Hadir Mengawali Awal Pekan Ini, Jangan Lupa Diklaim

  1. Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah tipe stratovolcano dengan sifat erupsi eksplosif. Gunung api ini terbentuk dari proses subduksi lempeng benua India-Australia terhadap lempeng Eurasia.

Laporan oleh Carl Wilhelm Wormser (1876-1946), pejabat Pengadilan Landraad di Tulung Agung (masa kolonial Belanda) yang menyaksikan letusan Gunung Kelud pada tahun 1919. Letusan tersebut menewaskan 5.160 orang dan aliran lahar merusak hingga 15.000 hektar produksi.  Dikatakan bahwa bumi bergetar hari itu dan matahari hilang dalam kegelapan. Kelud meludahkan abu panas dengan sambaran petir. Disusul dengan lahar panas yang tanpa ampun membakar segala sesuatu yang menghadang.

Meski masih dalam skala kecil, letusan gunung Kelud 2014 telah membangkitkan kekhawatiran masyarakat. Dikahwatirkan bahwa gunung berapi lainnya akan mengikuti jejak Kelud. Selain itu, Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, yang sudah tidur panjang selama 400 tahun, baru menewaskan 17 orang pada awal Februari.

Baca Juga: Polri dan Polisi Selandia Baru Tandatangani Kerjasama Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X