• Sabtu, 13 Agustus 2022

Komnas PA Minta Hentikan Joki Cilik Sekarang Juga!

- Senin, 14 Maret 2022 | 18:13 WIB
Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komanas Perlindungan Anak (Jabodetabek.Id)
Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komanas Perlindungan Anak (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Kematian Joki anak inisial MA (6) alias PECI asal Desa Dadibou, Kecamatan Woa Kabupaten Bima mendapat perhatian dan atensi serius dari Komnas Perlindungan Anak.

Menurut hasil investigasi Tim Litigasi dan Advokasi LPA Bima. MA meninggal dunia terjatuh saat latihan di arena pacuan kuda desa Panda.

LPA Kabupaten Bima Syafrin melaporkan kematian Joki cilik MA/ PECI  sangat tragis, saat jatuh dari kuda, MA pingsan dan mulut berbusa.

Yang cukup memprihatinkan  seeaat korban terjatuh dari kuda  dengan kondisi kritis oleh oranhtuanya  Joki cilik itu tidak dibawa ke Rumah Sakit melainkan dibawah ke rumahnya diinfus dan didatangkan berbagai dukun katanya banyak setannya banyak setan yang masuk ke anaknnya kata ortu dan neneknya ..

Selang tiga hari ditaway dirumsh  Joki cilik itu akhirnya menghembuskan nafas. Sekalipun banyak anggota masyarakat yang menyaksikan terjatuhnya Joki cilik itu menyarankan orangtua dari Joki cilik untuk dibawah ke Rumah Sakit namun orangtua korban justru membiarkan anak menderita.

Dari  Penelusuran LPA Kabupaten Bima dalam tiga terakhir sudah 3 joki anak ditemukan meninggal dunia.

Pacuan kuda yang melibatlan anak sebagai joki selain berbahaya dan mengancam hak  hidup anak, pemanfaatan anak sebagai joki merupakan  ekploitasi  yang dapat dikenakan sangsi hukum maksimal 15 tahun dan dapat ditambahkan sepertiga  dari pidana pokok menjadi 20 tahun.

Demkian juga kepada pengelolah dan penyedia arena pscuan kuda maupun panitia penyediaan lomba demikian pemerintah yang dengan srengaja membiarkan joki anak dapat dipidana.

Atas kematian mengenaskan dan ditemukan unsur pembiaran mengakibat Joki anak MA meninggal dunia. Komnas Perlindungan Anak mendesak Polres Bima untuk memintai pertanggung jawaban orangtua Joki cilik demikian juga pantia dan  Penyedia pacuan kuda.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Buru KKB Papua Pembunuh Pendeta dan 9 Warga

Minggu, 17 Juli 2022 | 18:44 WIB
X