• Senin, 4 Juli 2022

KN Kuda Laut 403 Bakamla Bantu Kapal Tongkang Kandas di Perairan Samarinda

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:06 WIB
KN Kuda Laut 403 melaksanakan perbantuan kapal tongkang TB MC 09 - BG Bulesko IV yang mengalami kandas akibat arus air kencang (Jabodetabek.Id)
KN Kuda Laut 403 melaksanakan perbantuan kapal tongkang TB MC 09 - BG Bulesko IV yang mengalami kandas akibat arus air kencang (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - KN Kuda Laut 403 melaksanakan perbantuan kapal tongkang TB MC 09 - BG Bulesko IV yang mengalami kandas akibat arus air kencang di perairan alur masuk Muara Pegah, Samarinda, Selasa (21/6/2022).

Sebelumnya, KN Kuda Laut 403 yang dikomandani Mayor Bakamla Nendra Jati Prawira sedang melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan laut di perairan Samarinda melihat kontak kapal tongkang berhenti di jalur pelayaran. Situasi jalur padat keluar masuk kapal di muara pegah, membuat situasi sangat berbahaya apabila ada kapal berhenti.

Guna memastikan keadaan kapal tongkang, Mayor Bakamla Nendra melakukan komunikasi lewat jalur radio kepada TB MC 09-BG Bulesko IV. Hasil komunikasi didapati bahwa kapal tongkang mengalami kandas akibat arus kencang sehingga kapal terdorong ke air yang dangkal.

Setelah itu, Mayor Bakamla Nendra memerintahkan untuk menerjunkan tim VBSS guna melaksanakan pemeriksaan dan perbantuan dengan menggunakan unsur RHIB.

Di sisi lain, KN Kuda Laut-403 juga melaksanakan pengamanan jalur pelayaran dan menginformasikan lewat channel 16 kepada kapal yang hendak melewati jalur alur masuk Muara Pegah. Diinformasikan, agar kapal menghindar dan berhati-hati apabila hendak melewati jalur pelayaran di titik koordinat 00° 58' 30" S - 117° 19' 32" T.

Hasil pemeriksaan, ketua tim VBSS menyarankan kepada nahkoda guna keamanan dapat menunggu air pasang tinggi agar membebaskan tongkang dari kedangkalan dengan dibantu 2 tugboat. Selain itu, KN Kuda Laut-403 juga melaksanakan komunikasi dengan Syahbandar setempat agar dapat membantu dengan tugboat jika nahkoda tidak berhasil membebaskan tongkang.

Mayor Bakamla Nendra menyampaikan kepada jajarannya tetap siaga memantau kapal yang kandas termasuk pengamanan jalur pelayaran sekitar kapal tongkang sampai dengan perbantuan datang untuk evakuasi.

Sampai dengan berita ini diturunkan, KN Kuda Laut-403 terus melaksanakan pengamanan pelayaran disekitar kapal tongkang yang mengalami kandas.

 

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X