• Jumat, 19 Agustus 2022

Tangis Haru Upacara HUT RI Ke-76, Di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 15:48 WIB
Warga Timor Timur, Kami  Masih Indonesia. (Foto: Dok Net/ Istimewa)
Warga Timor Timur, Kami Masih Indonesia. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

Banyak keharuan bila mengenang atau mengingat perjuangan para pejuang dalam meraih kemerdekaan seperti saat ini. Tangis haru juga menyelimuti upacara Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di perbatasan Indonesia, dengan Timor Leste. Ribuan pejuang Timor Timur menggelar upacara tersebut di Kamp pengungsian Nibonat, Kabupaten Kupang, NTT.

Mereka gelar sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Para pengungsi yang tergabung dalam Untas ini tetap menggelar upacara di tengah keterbatasan akibat pandemic Covid – 19.

Acara ini begitu membuat mereka antusias dan khidmat mengikuti jalannya upacara yang di pimpin langsung oleh Ketua Untas, Eurico Guter yang baru saja menerima penghargaan bintang jasa utama dari Presiden Indonesia.

Dia mengatakan warga yang menggelar upacara ini merupakan warga dari bekasi Provinsi Timor Leste.

“Upacara ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Pengungsi yang merupakan warga Timor Timur, dan memilij ikut Indonesia, ketika Timor Leste merdeka, sudah 22 tahun lamanya menempati rumah darurat di Kamp Pengungsian Naibonat. Sampai sekarang mereka belum mendapat hak atas tanah yang mereka tempati. (Dari berbagai sumber).

Editor: Dina Jabodetabek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau Diresmikan

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:33 WIB

Polri Buru KKB Papua Pembunuh Pendeta dan 9 Warga

Minggu, 17 Juli 2022 | 18:44 WIB
X