• Sabtu, 13 Agustus 2022

Soft Skill Paling Penting untuk Sukses di 2022

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 17:40 WIB
Ongky Hojanto (Jabodetabek.id)
Ongky Hojanto (Jabodetabek.id)

Jabodetabek.id - Bila kita melakukan penelusuran dalam Linkedin terhadap lebih dari 660 juta professional di seluruh dunia untuk menemukan data terkait lima soft skill yang paling dibutuhkan di era 2020-an. 

Dan, hasilnya yaitu creativity, persuasion, collaboration, adaptability dan emotional intelligent. 

Kemampuan melakukan persuasi dan bekerjasama dengan orang lain, tidak lepas dari kemampuan komunikasi yang di dalamnya termasuk kecapan public speaking dan presentasi. 

Hal senada juga dikatakan oleh Warrant Buffet bahwa seseorang dapat meningkatkan nilai dirinya di mata orang lain hanya dengan memiliki kemampuan public speaking. 

Karena itu, menyadari akan hal tersebut, Warrant Buffet mengikuti kursus public speaking di awal kariernya.

Ongky Hojanto pakar public speaking Indonesia dan penulis buku best seller public speaking mastery mengatakan untuk dapat menguasai soft skill ini, terdapat tiga hal penting yang harus dipahami dan dipraktekan, yaitu : berani, berurutan dan bahasa tubuh.

Berani akan muncul apabila seseorang menguasai apa yang akan dibicarakan serta melatih secara berulang-ulang apa yang dia sampaikan dalam public speaking atau persentasi. 

Hal ini penting karena persiapan adalah kunci keberhasilan saat berbicara di depan audiens.

Berurutan. Terdapat tiga bagian penting dalam public speaking, yakni : pembukaan, isi dan penutupan. Dalam pembukaan seorang pembicara harus dapat menarik fokus dan perhatian pendengar di tiga menit pertama. 

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Atasan Wanita Terkini Paling Fashionable

Rabu, 13 April 2022 | 19:35 WIB

Ini Bedanya KOC/KOL dan Influencer

Minggu, 10 April 2022 | 15:54 WIB
X