Ini Bedanya KOC/KOL dan Influencer

- Minggu, 10 April 2022 | 15:54 WIB
Ilustrasi (Jabodetabek.id)
Ilustrasi (Jabodetabek.id)

Jabodetabek.id - Pasti kalian sudah tidak asing mendengar kata influencer, KOC, dan Kol di era digital ini. Kelihatannya sama ya, orang yang mempromosikan barang di media sosial dan disebut-sebut sebagai salah satu rahasia marketing pilihan para brand. 

Tapi ternyata influencer, KOC, dan Kol, punya pengertian yang berbeda, lho! Mari kita bahas satu-persatu.

1. influencer

Seperti namanya, infleuncer bertugas untuk mempengaruhi masyarakat memiliki sebuah produk. influencer hanya fokus terhadap media sosialnya sendiri, mereka menggunakan media sosial untuk promosi diri maupun brand untuk kerja sama. 

influencer juga memiliki citra yang mereka bangun sendiri di media social. Sebagai contoh, influencer yang membangun citra dirinya sebagai beauty enthusiast yang sering membicarakan skincare dan make up, maka audiens dengan minat yang sama akan mulai mengikuti konten yang dibuat oleh influencer tersebut.

influencer juga dibagi berdasarkan followersnya, mega influencer (dengan followers lebih dari 1juta), macro influencer (dengan followers lebih dari 100.000), micro influencer (dengan followers lebih dari 10.000), dan nano infleuncer yang baru merintis karirnya (dengan followers kurang dari 10.000).

Selain jumlah followers, infleuncer bisa dibagi lagi berdasarkan platform media sosial yang aktif mereka mainkan. Seperti YouTube, Tiktok, Instegram, dll.

2. Kol (Key Opinion Leader)

Berbeda dengan influencer yang membangun citra dari minat masyarakat, Key Opinion Leader (Kol) adalah individu yang benar-benar berprofesi dan punya keahlian pada suatuA bidang. 

Ilustrasi
Ilustrasi (Jabodetabek.id)

Misalnya seorang psikolog, dokter, bahkan jurnalis, mereka punya latar belakang pendidikan, ilmu dan kemampuan yang sudah terakreditasi.

Pada akhirnya keahlian yang jelas itu membuat masyarakat percaya terhadap produk yang dipromosikan oleh para Kol yang sesuai dengan bidangnya. Bukan hanya di media sosial, Kol juga eksis di dunia nyata sebagai profesinya, bahkan ada yang sampai ke televisi.

3. KOC (Key Opinion Consumer)

KOC (Key Opinion Consumer) pada dasarnya sama seperti influencer yang kita kenal selama ini, orang yang dapat mempengaruhi orang untuk membeli produk sekaligus membantu orang untuk memilih produk yang akan dibeli. 

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ways to Spend Your Time Online More Productively

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:08 WIB

Mainan Calary Aman Berkualitas Pilihan Ibu dan Anak

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:00 WIB

Pengajuan Afiliasi Jadi Gampang Dengan iBooming

Jumat, 18 November 2022 | 10:32 WIB

Rahasia Afiliator yang Tidak Banyak Orang Tahu

Jumat, 18 November 2022 | 08:38 WIB

Resah Dengan Fee Agency? iBooming Solusinya

Jumat, 18 November 2022 | 07:35 WIB

Semua Kreator TikTok Harus Pakai iBooming

Jumat, 18 November 2022 | 07:16 WIB

Semua Produk Afiliate Ada di iBooming

Jumat, 18 November 2022 | 06:43 WIB

Siap-Siap Jadi Beauty Influencer Dengan iBooming

Jumat, 18 November 2022 | 06:23 WIB

TikTok Afiliate Partner iBooming #iBoomingSohibTikTok

Jumat, 18 November 2022 | 05:41 WIB

Tips Sukses Jadi Influencer, Join iBooming

Kamis, 17 November 2022 | 23:28 WIB
X