• Jumat, 19 Agustus 2022

Perawatku.id Layanan Perawatan Lanjutan Terbaik dan Berkualitas di Tanah Air

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 20:12 WIB
Perawatku.Id (Jabodetabek.Id)
Perawatku.Id (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Apakah kamu atau orang terkasih membutuhkan perawatan lanjutan untuk pemulihan di rumah?

Di Indonesia, tidak semua orang yang mampu memberikan layanan pendampingan yang berkualitas.

Namun saat ini terdapat pilihan yang dapat membantu kamu untuk merawat orang lansia yaitu dengan menggunakan jasa caregiver dan perawat. Meski begitu disarankan, jangan salah untuk memilih antara keduanya.

Untuk diketahui, perawat merupakan profesi yang membutuhkan pendidikan tertentu dengan kemampuan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan dan pemerintah, serta telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).

Perawat juga mempunyai kewenangan sesuai dengan kemampuannya yakni menganalisis masalah keperawatan, melakukan tindakan keperawatan tertentu misalnya memasang infus, menyuntik, memasang selang makanan dari hidung (NGT), pasang kateter dan lainnya.

Perawatku.Id (Jabodetabek.Id)

Sementara, caregiver adalah orang awam yang dilatih untuk menjaga orang sakit. Kelebihan dari Caregiver yaitu dapat menyuapi, memandikan, mengganti sprei, membantu pasien buang air besar dan air kecil, dan sebagainya.

Tetapi caregiver tak berkemampuan dan berkewenangan dalam melakukan langkah medis keperawatan seperti hal nya perawat yang bisa menganalisis masalah keperawatan dan melakukan tindakan keperawatan tertentu.

Adapun perbedaan lainnya adalah Caregiver tidak memiliki background sekolah medis seperti perawat. Caregiver hanyalah dilatih dalam waktu yang relatif singkat, yakni antara 1 bulan sampai 4 bulan. Jadi berbeda dengan perawat yang memiliki tingkat pendidikan hingga D3 atau S1. Dengan demikian, kamu membutuhkan perawat medis professional?

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Atasan Wanita Terkini Paling Fashionable

Rabu, 13 April 2022 | 19:35 WIB

Ini Bedanya KOC/KOL dan Influencer

Minggu, 10 April 2022 | 15:54 WIB
X