• Selasa, 5 Juli 2022

Akta Kelahiran Hilang? Berikut Cara Mudah Mengurusnya Via Langsung dan Online

- Rabu, 5 Januari 2022 | 11:00 WIB
Cara mudah mengurus akta kelahiran yang hilang. (Dok Net/Istimewa)
Cara mudah mengurus akta kelahiran yang hilang. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Akta kelahiran merupakan dokumen yang sangat penting terkait dengan pengelolaan berbagai Biro Data Kependudukan. Karena pentingnya hal tersebut, pemerintah telah menetapkan bahwa semua anak yang lahir harus memiliki akta kelahiran melalui Keppres 36/1990 yang mengesahkan Konvensi Hak Anak.

Akta kelahiran merupakan persyaratan penting untuk pembuatan e-KTP, kartu keluarga, pendaftaran sekolah,  paspor, polis asuransi, dan akta nikah. Sayangnya, akta kelahiran juga merupakan dokumen yang mudah hilang karena bencana.

Bagaimana jika itu terjadi? Jangan panik. Dijelaskan oleh Zudan Arif Fakrulloh, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, mengurus akta kelahiran sangat mudah. Akta kelahiran yang hilang dapat dicetak ulang. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Orang Tua Harus Contoh, Beginilah Sikap Rasulullah Saat Mendidik Anak Kecil

1. Urus secara langsung

Untuk mengurus atau menerimakembali akta kelahiran, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

a. Mengurus sesuai dengan alamat yang ada di KTP dan Kartu Keluarga Anda (untuk penduduk yang pindah domisili dan memiliki alamat berbeda dengan alamat saat Anda mengurus akta kelahiran)

b. Siapkan foto KTP orang tua

c. Tidak perlu surat pengantar dari RT/RWatau Kelurahan

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X