• Jumat, 1 Juli 2022

Bentuk Generasi Tangguh, Kodim 0505/Jaktim Kwartir Cabang Gelar Latihan Rutin Saka Wira Pramuka

- Minggu, 30 Januari 2022 | 22:01 WIB
Pembinaan generasi muda oleh TNI AD Tertampung dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran (Jabodetabek.id)
Pembinaan generasi muda oleh TNI AD Tertampung dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran (Jabodetabek.id)

Jabodetabek.id - Dalam upaya membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara. Khususnya Di wilayah Jakarta Timur. Kodim 0505/Jakarta Timur rutin mengadakan kegiatan Latihan Krida Saka Wira Kartika selama (2) dua hari Sabtu, Minggu di Halaman Makodim 0505/Jakarta Timur, Minggu (30/01/2022).

Pembinaan generasi muda oleh TNI AD Tertampung dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodam Jaya/Jayakarta diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat. 

Selain itu, kegiatan pembinaan ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi yang diwadahi ke dalam kelima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana.

Serma Doni Natalia bersama Kopda Defri sebagai pembina pada pelatihan kali ini, kepada (15) lima belas orang Saka Wira Pramuka dengan rincian (5) Laki laki dan (10) sepuluh orang perempuan dan dibantu oleh (6) enam orang pembina diantara nya Kak Zaki, Ka Eko, Ka Agus, Ka Budi,Ka Rudi, Ka Lina dan Ka Yuli, dengan pemberian materi Kompas, Cordinat peta dan pembuatan tenda perorangan. Pengisi materi yang diajarkan setiap kali pertemuan berbeda beda, Dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan anggota Pramuka Saka wira Kartika berlatih baik secara teori maupun praktek lapangan secara bertahap berjenjang dan berlanjut.

Lanjut Doni menerangkan tentang pengertian Kompas sebagai alat penunjuk arah mata angin sangat penting untuk para Pramuka dalam hal Membantu kelancaran dan keselamatan dalam pengembaraan karena para Pramuka akan dapat mengikuti jalan yang tertera dalam peta sehingga tidak tersesat dijalan.

Membantu menentukan arah kiblat untuk kesempurnaan beribadah di alam bebas/di perkemahan bagi yang beragama Islam.

Menentukan arah datangnya sinar matahari untuk menentukan arah mendirikan tenda dan arah lokasi kegiatan di pagi atau sore hari.

Membantu dalam pembuatan dan pembacaan peta pita dan atau peta perjalanan, dan membaca peta medan atau peta topografi.

Oleh sebab kegunaannya yang sangat beragam tersebut maka para Pramuka seyogyanya memiliki kemampuan untuk menggunakan dan membaca kompas secara benar dan tepat. Disamping itu kegiatan membaca kompas merupakan kegiatan melatih ketelitian, kerjasama dan pengenalan medan/lokasi di alam bebas.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X