• Jumat, 1 Juli 2022

Cekal Curanmor Cegah Aksi Curanmor yang Marak di Wilayah Jakarta Barat

- Kamis, 17 Maret 2022 | 15:20 WIB
 Polres Metro Jakarta Barat meluncurkan alat saklar pemutus.  (Jabodetabek.Id)
Polres Metro Jakarta Barat meluncurkan alat saklar pemutus. (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Polres Metro Jakarta Barat meluncurkan alat saklar pemutus. Saklar pemutus ini merupakan alat untuk mencegah dan tangkal aksi pencurian kendaraan bermotor (Cekal Curanmor) yang marak terjadi di wilayah Jakarta Barat.

"Tentunya ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena ini bagian dari pada tindakan atau kegiatan pencegahan," terang Kapolres Jakbar Kombes Pol Ady Wibowo saat meluncurkan peluncuran alat saklar pemutus di balai warga dekat Pasar Jabon, Meruya, Kembangan, pada Kamis (17/3/2022).

Yang mana Cekal Curanmor ini merupakan salah satu program unggulan Polres Metro Jakarta Barat dalam mengantisipasi maraknya aksi pencurian sepeda motor di wilayah Jakarta Barat

Program Cekal Curanmor ini diprakasai oleh Kapolsek Kembangan Kompol Binsar H Sianturi.  Ady menjelaskan proses pemasangan juga  cukup mudah. Yakni hanya memakan waktu 5 sampai 10 menit.

Apalagi, dalam memasang alat saklar pemutus, pihaknya menggandeng UMKM yang membuka jasa bengkel.

"Sangat mudah, justru saya bilang di awal saat pandemi ini kita mengangkat umkm ini. Alhamdulillah harganya juga tidak terlalu mahal pemasangannya juga 5 sampai 10 menit," ujar Ady.

Sejauh ini, Ady menyebut sudah ada 150 unit sepeda motor warga yang dipasang alat saklar secara gratis hari ini. Dengan pemasangan alat ini, motor yang terparkir tidak dapat menyala meski kunci kontak sudah dibobol.

Sebab, arus listrik dari aki motor tidak berjalan dan bisa dihidupkan saat tombol on-off yang hanya diketahui pemilik motor itu diaktifkan.

Ady berharap dengan adanya alat ini masyarakat dapat melakukan pencegahan terhadap aksi kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang mengintai di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X