• Rabu, 10 Agustus 2022

Tips Bagi Masyarakat Dalam Hadapi Perubahan Cuaca Drastis di Jabodetabek

- Jumat, 8 April 2022 | 11:23 WIB
Cuava drastis (Dok Net/ Istimewa)
Cuava drastis (Dok Net/ Istimewa)

Jabodetabek.Id - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) saat ini  menghadapi perubahan cuaca yang sangat drastis.

Di siang hari, suhu udara cenderung sangat terik. Sedangkan, pada sore sampai malam hari, cuaca menjadi mendung dan hujan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berbagi tips kepada masyarakat cara menghadapi perubahan cuaca yang sangat drastis.

Pertama, masyarakat harus selalu meng-update informasi cuaca dari BMKG melalui situs resmi BMKG, sosial media BMKG, dan call Centre BMKG.

"Mulai aware terhadap lingkungannya dan potensi bencana di lingkungannya," terang Sub-koordinator Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani kepada wartawan, Jumat (8/4/2022).

Lanjut Ida, masyarakat juga tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Masih dari keterangannya, penyebab terjadinya perubahan cuaca secara drastis di wilayah Jabodetabek belakangan ini. Saat ini Jabodetabek sudah berada pada akhir musim hujan.

Salah satu cirinya, terjadi hujan disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang yang umumnya terjadi pada sore maupun malam hari.

"Hal ini terjadi karena proses pemanasan permukaan bumi akibat radiasi sinar matahari pada pagi-siang yang meningkatkan energi pembentuk awan hujan pada sore-malam hari," tandasnya.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X