• Senin, 23 Mei 2022

Geger! Komnas PA Ungkap Papua Barat Zona Merah Kekerasan Terhadap Anak

- Sabtu, 30 April 2022 | 10:37 WIB
Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak memberikan keterangan pers. (Jabodetabek.Id)
Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak memberikan keterangan pers. (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Menurut catatan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Propinsi Papua Barat dan Polda Papua Barat ada lebih kurang 400.000 anak berusia dibawah 18 tahun yang memerlukan perlindungan khusus.

Dari jumlah itu, kondisinya cukup masih cukup memprihatinkan.

Dari hasil Diskusi Perlindungan Anak dan Permalahannya yang diselenggarakan Komnas Perlindungan  Anak  dan Polda Papua Barat di Mapolda Papua Barat Kamis (28/04), ditemukan fakta dan permasalahannya untuk segera dicari solusinya.

Dalam diskusi itu, ditemukan ada banyak anak dieksploitasi sebagai pekerja diberbagai tambang-tambang di Manokwari.

Ada juga fakta di laporkan sejumlah anak terpaksa tinggal dan dieksploitasi di rumah bordir di Manokwari sebagai prkerja seksual komersial.

Ada banyak juga anak'anak dinikahkan pada usia dini, demikian juga ada banyak anak dalam situadi stanting, kurang gizi dan terhambat pertumbuhannya.

Selama 5 hari kunjungan kerja di Kabupaten dan kota Sorong dan Manokwari 25-29 April 2022, ada banyak warga masyarakat dan para pekerja media di dua tempat ini melaporkan sejumlah fakta derita anak dan perempuan yang  penanganannya sangat lemah  demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak.

Menurut Data Situasi anak berhadapan Konflik Hukum yang disampaikan Polda Papua Barat dalam aca acara diskusi tersebut, ada ratusan anak berhadapan dengan hukum baik sebagai saksi, pelaku dan korban jumlahnya terus meningkat.

Ada banyak kasus kejahatan seksual dan bentuk kekerasan lain yang tidak dilaporkan kepada kepolisian fan hanya di selesaikan melalui pendekat adat atau budaya yang dilakukan atau difalitasi oleh kepala suku maupun tokoh adat, tutur Arist.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X