• Selasa, 6 Desember 2022

Kreatifnya Warga Susukan Bikin Lomba Panjat Pohon Pisang : Ampun,Baru Dipegang Pohonnya Goyang

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:53 WIB
LOMBA PANJAT POHON PISANG GANTUNG (jabodetabek.id)
LOMBA PANJAT POHON PISANG GANTUNG (jabodetabek.id)
Jabodetabek.Id - Tak ada rotan akar pun jadi. Adalah pribahasa yang tepat untuk menggambarkan keseruan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di wilayah Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. 
 
Tepatnya di RT 01 RW 03, perlombaan panjat pohon pinang yang biasa dinantikan oleh warga setempat, berubah menjadi lomba panjat pohon pisang gantung. Hal itu dikarenakan tingginya harga pohon pinang yang berkisar Rp. 800 ribu sampai Rp. 1 juta per pohonnya pada  tahun 2022 ini.
 
Pembina Karang Taruna setempat, Robi mengatakan, perlombaan panjat pohon pisang gantung di lingkungannya bukanlah satu hal yang baru, mengingat jenis perlombaan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2000 silam.
 
"Pertama karena budget kita minim, pohon pinang rasanya mahal apalagi  sekarang harganya tinggi banget kan, tapi ternyata itu malah memicu kreatifitas pemuda di lingkungan kami, sampai munculah ide perlombaan panjat pohon pisang gantung ini," kata Robi saat ditemui jabodetabek,id Rabu (17/8).
 
MENGGALI POHON PISANG UNTUK PERLOMBAAN (jabodetabek.id)
Adapun cara mengaplikasikan pohon pisang sebagai pengganti pohon pinang dijelaskan Robi, tidaklah jauh berbeda seperti pohon pinang, yakni dengan cara menggali pohon pisang tanpa membuang atau merusak bonggol-nya. Kemudian bagian bonggol pohon pisang dibalik menjadi bagian paling atas yang disematkan ring dari bahan bambu, sebagai tempat berpegangan bagi para peserta saat meraih hadiah yang tergantung pada ring tersebut.
 
"Nah batang pohon pisang juga tidak lupa kami lumuri dengan minyak pelumas sebagai rintangan para peserta, sebelum mencapai bonggol pohon pisang yang dipenuhi dengan hadiah," ucapnya.
 
Di tempat yang sama Ketua Karang Taruna RT 01 RW 03, Ahmad Haikal menambahkan. Yang membedakan pohon pinang dengan pohon pisang gantung ini yaitu, pohon pisang tidak ditanam dalam tanah seperti pada perlombaan panjat pinang. Karena pohon pisang yang dimanfaatkan untuk perlombaan dilakukan dengan cara digantung pada bagian penyangga yang lebih tinggi dari pada panjang pohon pisang tersebut.
 
"Dalam hal ini kami memanfaatkan pohon Rambutan di lingkungan kami yang posisinya lebih tinggi, sehingga media lomba panjat pohon pisang tersebut terlihat menggantung, yang kami sebut lomba panjat pohon pisang gantung," imbuhnya.
 
Sementara itu, salah seorang peserta lomba panjat pisang gantung, Reza menuturkan, lomba panjat pisang gantung ini lebih sulit dari pada perlombaan panjat pinang. Sebab menurutnya, media yang dipanjat selain licin juga terus berayun-ayun ketika dipanjat.
 
"Seru juga sih asik tapi sulit kalau keroyokan naiknya, itu pohonnya licin betul, udah gitu setiap dipanjati pohonnya selalu berayun-ayun ke kanan dan ke kiri, ampun dah berat banget, baru dipegang pohonnya goyang. Tapi dari perlombaan ini kami jadi mengerti tentang kesabaran dan kerjasama team," tandasnya.
 
 

Editor: Kemal Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Sidak Satpas SIM Polda Metro Jaya

Kamis, 27 Oktober 2022 | 06:57 WIB
X