• Selasa, 6 Desember 2022

Ledakan Meteor Setara 30 Ton TNT Gemparkan AS Saat Tahun Baru

- Rabu, 5 Januari 2022 | 20:14 WIB
Ilustrasi terjadinya ledakan meteor yang gemparkan AS. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi terjadinya ledakan meteor yang gemparkan AS. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Dikonfirmasi bahwa sebuah meteor yang menyebabkan ledakan kuat terasa di luar Pittsburgh, AS. Hal itu dikonfirmasi pada Hari Tahun Baru. Meteor itu meledak di atmosfer dengan ledakan energi yang setara dengan sekitar 30 ton TNT.

Layanan Cuaca Nasional Pittsburgh adalah yang pertama bereaksi terhadap kemungkinan ledakan meteor ketika orang-orang ramai mencari tahu di media sosial pada Malam Tahun Baru.

Baca Juga: Seleksi CPNS Sudah Masuk Tahap Pemberkasan, Berikut Dokumen Yang Harus Disiapkan

Meteor Watch NASA kemudian melaporkan pada Senin (3/1) bahwa mereka telah mengkonfirmasi ledakan meteor di sebuah postingan Facebook. Dari data ini, dimungkinkan untuk memperkirakan energi yang dilepaskan setara dengan 30 ton TNT.

"Jika kita membuat asumsi yang masuk akal tentang kecepatan meteor 45 ribu mil per jam atau 72,4 ribu km/jam, kita dapat mengecilkan ukuran objek hingga berdiameter sekitar satu yard dengan massa hampir setengah ton," jelas badan tersebut melalui The Guardian.

Layanan Cuaca Nasional Pittsburgh mengklaim bahwa mereka melihat apa yang tampak seperti bola api di siang hari jika bukan karena cuaca berawan. Kecerahannya akan sekitar 100 kali lebih terang dari bulan purnama.

Baca Juga: Masyarakat Korban Banjir di Simpang Ulim Terima Bantuan Sembako

National Weather Service Shannon Hefferan mengatakan kepada Tribune-Review bahwa data satelit merekam kilat di Washington County tepat sebelum pukul 23.30 pada hari Sabtu (1/1). Para pejabat percaya ini adalah karena meteor jatuh ke atmosfer. Hefferan mengatakan insiden serupa juga terjadi pada 17 September di Hardy County, Virginia Barat.

Penduduk di South Hills dan lainnya mengatakan mereka merasa rumah mereka bergetar ketika mendengar suara keras. Pejabat Allegheny mengatakan tidak ada konfirmasi aktivitas seismik, guntur atau kilat.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla Terima Kunjungan Dubes RI untuk Vietnam

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:39 WIB
X