• Jumat, 19 Agustus 2022

Keren! Mahasiswa UGM Ciptakan Smart Feeder Ternak Ayam Broiler

- Minggu, 19 September 2021 | 14:35 WIB
Keren! Mahasiswa UGM Ciptakan Smart Feeder Ternak Ayam Broiler (Dok Net/ Istimewa)
Keren! Mahasiswa UGM Ciptakan Smart Feeder Ternak Ayam Broiler (Dok Net/ Istimewa)

Jabodetabek.id - Inovasi kembali dilakukan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Kali ini mereka menciptakan prototipe (model) mesin pemberi pakan ternak ayam broiler otomatis.

Diberi nama Smart Feeder Based on Piezoelectric System. Inovasi ini diketahui masuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karya Cipta (KC) yang lolos pendanaan penuh dari Kemendikbudristek 2021 ini.

Prototipe Smart Feeder itu dikerjakan oleh empat mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin ilmu di UGM.

Baca Juga: Usai Pulang Shalat Maghrib, Ketua Majelis Taklim di Tangerang Tewas Ditembak

Mereka adalah Reginald Jerian Pratama dan Luthfan Darmawan dari Fakultas Teknik, Iqbal Wahdan Salsabil dari Fakultas Peternakan, Rindi Eliza Arta dari Fakultas MIPA serta Rhiza Perdana Aldeansyah dari Sekolah Vokasi.

Dengan dibimbing oleh Ir. Bambang Sugiyantoro selaku dosen pembimbing, mereka berhasil menciptakan mesin pemberi pakan otomatis yang memiliki tingkat efisiensi tinggi.

“Inovasi Smart Feeder Based on Piezoelectric System hadir sebagai solusi pendistribusian pakan yang murah, namun tetap fungsional,” ujar Iqbal Wahdan Salsabil melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Makam Bung Karno Mulai Uji Coba Buka Hari Ini

Semua sumber energi yang memfungsikan Smart Feeder karya mahasiswa UGM ini diketahui berasal dari tranduser piezoelektrik. Dengan tranduser piezoelektrik, prototipe kemudian mampu mengubah pijakan kaki ayam broiler menjadi listrik.

Iqbal menjelaskan, biaya operasional terbesar beternak ayam broiler selama ini adalah beban listriknya. Oleh karena itu, usaha beternak ayam broiler hanya dapat dilakukan orang-orang yang mempunyai modal besar dan mereka berasal dari negara-negara luar.

Halaman:

Editor: Anggara Jabodetabek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polwan Goes To School Edukasi Cerdas Bermedia Sosial

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:25 WIB

5.299 Calon Mahasiswa Baru UI dari Jalur Simak UI

Minggu, 17 Juli 2022 | 19:31 WIB

Jadi Influencer TikTok Handal dengan iBooming

Jumat, 27 Mei 2022 | 17:07 WIB
X