• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bikin Bangga! Mahasiswa UGM Raih Medali Perak di Kompetisi Biologi Internasional

- Kamis, 18 November 2021 | 23:29 WIB
Ilustrasi jenius. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi jenius. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Tim iGEM dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil meraih medali perak pada the International Genetically Engineered Machine (iGEM) Competition 2021 yang diadakan secara online pada 4 sampai 14 November 2021 di Paris, Prancis.

Kontes Biologi Sintetis Internasional yang diselenggarakan oleh iGEM Foundation di Boston, AS. Kompetisi terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan perusahaan dari berbagai negara.

352 tim dari lebih dari 40 negara berpartisipasi dalam kompetisi, termasuk MIT, Stanford, dan tim universitas terkemuka dunia lainnya. Lebih dari 6.000 orang berkumpul untuk acara utama Kompetisi Online iGEM Giant Jamboree.

Baca Juga: Microsoft Mulai Hadirkan Cloud Gaming di Xbox

Pameran proyek digelar, salah satunya Indonesia. Tim UGM meraih medali perak di lintasan dan memamerkan Auviola, a Cyanide-Regulating System for Gold Bioleaching and Waste Treatment Towards Sustainable non-Mercury Gold Processing.
Tim UGM terdiri dari 12 mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Terdiri dari Yustika Sari dan Farhan Wali (Fakultas Biologi), Setianing Wikanthi, Ridwan Fathoni, Wilda Asyrina Maris (Fakultas Pertanian), dan Azzahra Asysyifa (Fakultas KKMK).

Juga I Gusti Agung Arvin Nanda Pratama dan Ahmad Zidan (Fakultas Teknik), Yafi Surya Permana dan Dennaya Kumara (Fakultas Farmasi), Shina Aulia Hassana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Wafiiq Maaroja (Fakultas matematika dan ilmu alam).

Ketua Tim iGEM UGM Yustika Sari mengatakan ini adalah tim UGM pertama mereka dan hasilnya merupakan proses tim berkelanjutan dan jangka panjang yang dimulai pada tahun 2019. Didukung oleh pimpinan, fakultas, universitas dan mitra.

Baca Juga: PT Pos Indonesia Sedang Buka Lowongan Pekerjaan Bagi Lulusan SMA, Simak Selengkapnya Disini!

Yustika mengatakan Rabu (17/11) "Saya berharap prestasi ini dapat menginspirasi dan menginspirasi tim UGM selanjutnya."

Ketua Kurator - Dr. Tekti Yekti Asih Purwestri (Biologi). Kemudian Matin Nukhamunada, Aries Bagus Sasongko, Lisna Hidayati, Ahmad Ardi (Fakultas Biologi), M. Saifur Rohman, Vidhi Dyah Savitri dan Profesor Irfan Dwidya Prijambada (Fakultas Pertanian).

Kemudian R Afif Pranaya Jati, Imam Bagus Nugroho (PAH Bioteknologi) dan Himavan Tri Bayu Murti Petrus dan Ir Agus Prasetya (Fakultas Teknik). Yekti menambahkan, hal ini menunjukkan semangat kerjasama multidisiplin di UGM.

Baca Juga: Pergub Baru Terbit, Pemprov DKI Beri Keringanan Pembayaran Retribusi

Ilmu pengetahuan tidak dapat berdiri sendiri, sehingga merupakan kekuatan yang perlu dikembangkan di masa depan. Kedepannya, Yekti berharap pencapaian ini dapat menumbuhkan kolaborasi antar disiplin ilmu yang berbeda dan memanfaatkan keragaman ilmu pengetahuan. “Kemajuan biologi sintetik sangat membantu menyelesaikan permasalahan nasional,” kata Yekti.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polwan Goes To School Edukasi Cerdas Bermedia Sosial

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:25 WIB

5.299 Calon Mahasiswa Baru UI dari Jalur Simak UI

Minggu, 17 Juli 2022 | 19:31 WIB

Jadi Influencer TikTok Handal dengan iBooming

Jumat, 27 Mei 2022 | 17:07 WIB
X