• Jumat, 1 Juli 2022

FKG UI Raih Dua Prestasi Pada Kompetisi Internasional Ads Meeting

- Kamis, 23 Desember 2021 | 10:42 WIB
Tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) berhasil meraih penghargaan pada International Research Competition 8th Airlangga Dentistry Scientific Meeting (ADS Meeting). (Jabodetabek.Id)
Tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) berhasil meraih penghargaan pada International Research Competition 8th Airlangga Dentistry Scientific Meeting (ADS Meeting). (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) berhasil meraih penghargaan pada International Research Competition 8th Airlangga Dentistry Scientific Meeting (ADS Meeting). Juara pertama diraih oleh Devin Hendrawan yang merupakan mahasiswa angkatan 2018, dan juara ketiga diraih oleh kelompok yang beranggotakan tiga mahasiswa angkatan 2017, yaitu Karina Widya Aisya, Farih Aminah, dan Yoses Rivano Bakara.

Dekan FKG UI, Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, menyambut gembira kemenangan mahasiswanya tersebut, dan mengapresiasi perjuangan mahasiswa dan dosen pembimbing dalam menghadapi setiap tantangan di dalam kompetisi. “Prestasi internasional yang telah diraih oleh mahasiswa kami ini tentunya tidak lepas dari dukungan para dosen pembimbing serta pembelajaran yang sungguh-sungguh. Saya sangat bangga dengan capaian prestasi mahasiswa kami, semoga ke depannya banyak lagi mahasiswa yang terus bersemangat dalam berbagai kompetisi,” ujarnya.

Pada kompetisi bertema “Advancing Dentistry Through a New Perspective” tersebut, tim mahasiswa FKG UI mempresentasikan penelitian dengan judul “Propolis Fluoride 10% Inhibits Streptococcus mutans and Veillonella parvula Dual-species Biofilm Growth and Alters Gene Expression” dan “The Effect of Charcoal Toothpaste Brushing on Color Change and Surface Hardness of Resin Modified Glass Ionomer Cement”. Dua penelitian tersebut menelusuri dua perawatan baru dalam bidang kedokteran gigi, yaitu propolis fluoride dan pasta gigi charcoal.

“Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu efek pencegahan propolis fluoride sebagai perawatan varnish (penguatan lapisan email) kedokteran gigi. Melalui mekanisme pencegahan yang kami teliti ini, kami harap propolis fluoride dapat lebih dikembangkan sebagai salah satu bahan perawatan varnish di Indonesia,” ujar Devin. Dalam penelitian terkait propolis ini, drg. Citra Fragrantia Theodorea, M.Si., Ph.D dan Prof. drg. Ariadna Adisattya Djais, M.Biomed., Ph.D bertindak sebagai dosen pembimbing mahasiswa.

Penelitian kedua terkait dengan pasta gigi charcoal, yaitu mempelajari dampak penggunaan pasta gigi charcoal terhadap pemutihan dan kekerasan permukaan material Semen Ionomer Kaca Modifikasi Resin (SIKMR) sebagai salah satu indikator ketahanan jangka panjang material. Hasil dari penelitian ini membuka banyak kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut efektivitias pasta gigi charcoal yang diklaim sebagai pasta gigi pemutih.

Untuk penelitian ini, Prof. Dr. drg. Ellyza Herda, M.Si dan Dr. drg. Yosi Kusuma Eriwati, M.Si bertindak sebagai dosen pembimbing dan pendamping tim mahasiswa. ADS Meeting merupakan kegiatan ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Pada tahun ini, ADS Meeting diselenggarakan secara daring dengan tiga cabang kompetisi, yaitu poster publik, literature review, dan international research competition.

Penilaian kompetisi ini didasarkan pada beberapa komponen, yaitu penilaian abstrak, sistematika presentasi, presentasi, pemahaman materi, inovasi, dan kreativitas. Prestasi ini diumumkan pada bulan lalu, secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. 

 

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadi Influencer TikTok Handal dengan iBooming

Jumat, 27 Mei 2022 | 17:07 WIB
X