• Jumat, 19 Agustus 2022

Subhanallah, Begini Sikap Rasul Ketika Aisyah Cemburu Pada Khadijah

- Rabu, 17 November 2021 | 12:15 WIB
Ilustrasi istri. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi istri. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Pada suatu waktu, terdapat seekor unta yang telah disembelih dikirim kepada Nabi Muhammad oleh seseorang. Kemudian, Rasulullah SAW mengambil sendiri sebagian dari daging unta tersebut dan memerintahkan seseorang untuk menyerahkannya kepada sahabat Khadijah. Aisyah yang melihat ini lantas berkata, "Mengapa engkau mengotori tanganmu sendiri, bukankah bisa orang lain mengerjakannya?".

Rasulullah SAW lalu menjelaskan bahwa Khadijah mewariskan ini pada dirinya sendiri. Seketika, rasa kecemburuan Aisyah muncul saat itu. Dia berkata, "Lagi-lagi Khadijah… Seolah-olah tidak ada wanita lain di bumi ini kecuali Khadijah…”

Sikapnya tersebut mungkin merupakan reaksi alami seorang wanita dan istri. Rasulullah SAW mungkin dapat memahami hal ini. Hanya saja karena yang disinggung adalah Khadijah, ada guratan amarah di wajah Rasulullah. Tanpa banyak bicara, Rasulullah SAW bangkit dan pergi.

Baca Juga: Dianjurkan Rasulullah, Berikut Doa Memohon Keberkahan di Pagi Hari

Beberapa hari kemudian, Rasulullah SAW kembali kepada Aisyah. Saat itu, Aisyah terlihat menangis bersama ibunya, Ummu Ruman. Ummu Ruman berkata: “Ya Rasulullah, apa yang terjadi antara engkau dan Aisyah? Dia masih anak-anak, Engkau harus memaafkannya ... "

Rasulullah SAW tersenyum dan meraih bibir Aisyah, kemudian beliau berkata, "Bukankah engkau sendiri yang berkata, tidak ada wanita lain di bumi ini selain Khadijah…”

Inilah Khadijah, meskipun Allah SWT menggantikan Rasulullah SAW dengan istri lain, mulai dari yang muda,  yang sudah tua (yaitu Saudah bin Zam’ah), cantik, setia, mandiri, sabar dan tidak membebani Rasulullah SAW, namun tetap di hati Rasulullah SAW adalah Khadijah.

Sebagai informasi, Khadijah binti Huwailid lahir pada tahun 555 M dan meninggal pada tahun 619 M. Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Ingin Keberkahan? Berikut 3 Doa Yang Diamalkan Oleh Rasulullah SAW

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X