• Rabu, 19 Januari 2022

Zulaikha, Istri Nabi Yusuf Yang Ternyata Pernah Menikah dengan Pembesar Mesir

- Senin, 29 November 2021 | 17:30 WIB
Ilustrasi Zulaikha, Istri Nabi Yusuf. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi Zulaikha, Istri Nabi Yusuf. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Sebelum menikah dengan Nabi Yusuf, suami Zulaikha adalah Qithfir bin Rawhib. Dia adalah salah satu orang besar Mesir. Dalam cerita lain namanya adalah Ra’il binti Ra’ayil (Ra’el binti Ra’ael). Nama itu diturunkan oleh Ibnu Jarir Ath Thabari dan Ibnu Abi Hatim dari Muhammad bin Ishaq.

Kebanyakan ulama yang bijaksana lebih suka menyebutnya Imra’atul Aziz seperti yang Allah SWT disebutkan dalam Al Qur'an.

Namun, Al-Qur'an tidak menyebutkan pernikahan Nabi Yusuf atau wanita yang menjadi istrinya. Bahkan Hadits Nabi Muhammad tidak mengungkapkan hal ini.

Baca Juga: Ramalan Bintang 29 November 2021: Rencana Cancer Jadi Kenyataan!

Al-Qur’an menceritakan bagaimana Zulaikha jatuh cinta dengan Nabi Yusuf dan memintanya untuk memulai perselingkuhan. Namun Nabi Yusuf menolak.

Mendengar penolakan Yusuf, Zulaikha mengejar Nabi Yusuf, melompat dari tempat duduknya, dan menarik bajunya dari belakang hingga bajunya robek.

Hal ini  diabadikan oleh Allah SWT dalam QS. Yusuf ayat 23- 24:

وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ قَالَ مَعَاذَ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ رَبِّي أَحْسَنَ مَثْوَايَ ۖ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

 

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X