• Jumat, 1 Juli 2022

Teladani Sikap Habib al-Najjar dalam Surat Yasin Ayat 26-27, Sampaikan Pesan Damai Meski Dirajam

- Jumat, 3 Desember 2021 | 06:15 WIB
Dalam Al-Quran surat Yasin Ayat 26-27 berisi pesan damai Habib al-Najjar kepada orang yang merajamnya  (Dok Net/ Istimewa )
Dalam Al-Quran surat Yasin Ayat 26-27 berisi pesan damai Habib al-Najjar kepada orang yang merajamnya (Dok Net/ Istimewa )

Jabodetabek.id Pesan damai Habib al-Najjar terhadap orang yang merajamnya terkandung dalam Al-Quran surat Yasin Ayat 26-27

Pada ayat sebelumnya, disebutkan bahwa sebab bersikeras mempertahankan keimanannya membuat pemuda tersebut meninggal dengan indah dan penuh kebahagiaan

Dirinya tidak membenci kaum Antokiah yang sudah membuatnya celaka tanpa dendam sedikitpun. Pesan damai selalu diungkapkan bahkan menjelang ajalnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Surat Yasin dalam Kehidupan

Tidak cuma pesan damai, dirinya pun termasuk orang-orang yang dimuliakan oleh Allah SWT.

قِيْلَ ادْخُلِ الْجَنَّةَ ۗقَالَ يٰلَيْتَ قَوْمِيْ يَعْلَمُوْنَۙ
بِمَا غَفَرَ لِيْ رَبِّيْ وَجَعَلَنِيْ مِنَ الْمُكْرَمِيْنَ

“Dikatakan (kepadanya), “Masuklah ke surga.” Dia (laki-laki itu) berkata, “Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui, “apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang telah dimuliakan.” ( QS Yasin : 26-27 )

Usai Habib menyampaikan nasehatnya, dirinya mendapat respon kurang baik dari kaum Antokiah.

Baca Juga: Mengapa Surat Yasin Dibaca Ketika Sakaratu Maut?

Jalaluddin Al-Suyuti dalam Tafsir al-Jalalayn mengatakan Habib dirajam sampai meninggal dunia. Seketika, sebelum kematiannya, malaikat berbisik kepadanya “udkhul al-jannah”(Masuklah ke surga).

Halaman:

Editor: Shidqi Fikri Zaidan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X