• Selasa, 5 Juli 2022

UI dan NCGM Jepang Kerjasama Penelitian Klinis dan Pertukaran Mahasiswa

- Jumat, 31 Desember 2021 | 07:36 WIB
Universitas Indonesia (UI) dan National Center for Global Health and Medicine (NCGM), Jepang, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  (Jabodetabek.id)
Universitas Indonesia (UI) dan National Center for Global Health and Medicine (NCGM), Jepang, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) (Jabodetabek.id)

Jabodetabek.id - Kolaborasi global dalam penelitian klinis diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan skala dunia dan memberikan solusi yang berbasis bukti. Banyak tantangan yang dihadapi dalam melakukan penelitian multinasional, seperti perbedaan peraturan dan etika di setiap negara, perbedaan dalam sistem medis, dan perbedaan kebijakan. Tantangan ini memengaruhi ruang lingkup penelitian dan menyebabkan dampak potensial pada pengambangan layanan perawatan kesehatan, ekonomi kesehatan, dan masyarakat.

Universitas Indonesia (UI) dan National Center for Global Health and Medicine (NCGM), Jepang, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada awal Desember 2021, yang antara lain diharapkan dapat memberi solusi dalam mengatasi masalah kesehatan global. Selain itu, kerja sama ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemungkinan pengembangan berbagai program riset dan kolaborasi lainnya, seperti exchange student, staf, dan peneliti.

 Selain itu, mengembangkan dan berpartisipasi aktif dalam Academic Research Organization (ARO) Alliance for ASEAN & East Asia (ARISE) sebagai wadah untuk meningkatkan jejaring dalam bidang riset klinis. Kerja sama antara UI dan NCGM juga mencakup pertukaran sumber daya manusia, pertukaran informasi terkini melalui penyelenggarakan konferensi bersama, simposium, atau pertemuan ilmiah lainnya tentang topik yang menjadi minat bersama, serta penjajakan kemungkinan pengembangan program penelitian lainnya.

Kedua institusi sepakat untuk meningkatkan kemampuan para peneliti klinis, khususnya yang berasal dari Fakultas Kedokteran (FK) UI. Penandatanganan MoU telah dilakukan secara desk to desk antara Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., dan President NCGH Dr. Norihiro Kokudo, MD., Ph.D.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengatakan, “Ini kesempatan yang baik untuk mengikuti Multi-Regional Clinical Trial (MRCT) oleh NCGM bekerja sama dengan ARISE. Kami berharap melalui acara ini, kita tidak hanya dapat membangun fondasi untuk ARISE dan melakukan diskusi yang bermanfaat, tetapi juga semua institusi yang hadir dapat membuka peluang untuk kolaborasi dan proyek elaboratif lebih lanjut. Kami tidak sabar untuk mendengar lebih banyak wawasan dan ide dari semua orang yang hadir di sini secara langsung.”

Seremoni penandatanganan kerja sama antara UI dan NCGM diselenggarakan secara daring pada awal Desember 2021, yang dihadiri oleh dekan FKUI dan jajaran pimpinan lainnya. 

 

 

 

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X