• Selasa, 5 Juli 2022

Merasa Cemas dan Kecewa Akan Keadaan? Mari Amalkan 3 Doa Mustajab Berikut

- Kamis, 6 Januari 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi sedang cemas dan kecewa akan keadaan. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi sedang cemas dan kecewa akan keadaan. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Kita sering merasa cemas dan kecewa dengan lingkungan dan keadaan, seperti keluarga dan pekerjaan. Kondisi seperti itu bahkan bisa membuat seseorang menjadi stress.

Islam mengajarkan manusia untuk tidak menjadi diri yang mudah menyerah dalam menghadapi cobaan. Karena pada dasarnya segala bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT membantu memperkuat kepribadian dan keimanan.

Membaca doa-doa dan amalan-amalan tertentu hendaknya juga dilakukan bagi mereka yang cemas atau kecewa dengan kondisi lingkungannya. Tujuannya agar Allah memberikan solusi dan memberi kemudahan atas apa yang terjadi.

Baca Juga: Masyarakat Korban Banjir di Simpang Ulim Terima Bantuan Sembako

Ibn Qayyim Al-Jauziyyah dalam karyanya yang membahas doa, Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, cetakan pertama, halaman 225, menyebut salah satu riwayat sebagai berikut;

عن البراء بن عازب أن رجلا اشتكى إلى رسول الله  - صلى الله عليه وسلم -  الوحشة، فقال قل : سُبْحَانَ المَلِكِ القُدُّوْسِ رَبِّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ  جَلَّلْتَ السَّمَوَاتِ وَ الأرْضَ بالعِزَّةِ والجبَرُوتِ، فقالها الرجل فذهب عنه الوحشة

Artinya: “Dari Al-Barra bin Azib bahwa seseorang mengadu kepada Rasululah saw perihal kerisauannya. Rasulullah memerintahkan, ‘Bacalah, ‘Subhānal malikil quddūs, rabbil malā’ikati war rūh, jallaltas samāwāti wal ardha bil ‘izzati wal jabarūt.’ Orang itu kemudian mematuhinya sehingga kerisauan itu pergi,".

Baca Juga: Polres Jakpus Launching Gerai Vaksinasi Merdeka Anak Usia 6-11 Tahun di Sawah Besar

Menurut keterangan diatas, apabila Anda sedang dalam perasaan cemas dan kecewa dengan keadaan, bacalah doa berikut:

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X