• Jumat, 1 Juli 2022

Universitas Indonesia Lantik Dua Dekan dan 18 Wakil Dekan Baru, Ini Profilnya

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 08:41 WIB
Acara pelantikan di kampus UI (Jabodetabek.id)
Acara pelantikan di kampus UI (Jabodetabek.id)

Jabodetabek.id - Universitas Indonesia (UI) melantik dua dekan baru, yakni dekan dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) periode 2022-2026, serta 18 Wakil Dekan dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Psikologi (F.Psi), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) pada Jumat, 7 Januari 2022.

Dalam acara pelantikan tersebut, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., hadir sebagai pembina upacara pelantikan dan melantik para dekan, serta dihadiri oleh dua orang saksi yaitu, Ketua Majelis Wali Amanat Saleh Husin, M.Si., dan Ketua Senat Akademik Universitas Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, M.Sc., M.Phil., Ph.D. Dua dekan yang dilantik tersebut adalah dekan dari FT Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., dan FKG Dr. drg Nia Ayu Ismaniati, MDSc., SpOrt.(K). Pelantikan dilakukan secara hybrid, yaitu secara luring di fakultas masing-masing dan di ruangan para pimpinan UI.

Dalam pidatonya, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan selamat kepada para Dekan dan Wakil Dekan yang baru dilantik hari ini. Ia berharap kehadiran pimpinan yang baru dapat memberikan semangat dan inspirasi baru bagi UI. Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Dekan dan Wakil Dekan lama yang telah memberikan kontribusi luar biasa. “Hal-hal positif yang ditinggalkan akan menjadi legacy dari Bapak dan Ibu,” ujarnya.

“Para Dekan dan Wakil Dekan, ibarat pembawa obor yang selalu harus berada paling depan. Pijarnya tidak boleh padam karena ia merupakan pedoman bagi warga fakultas menuju ke satu titik,” ujar Prof. Ari.

Rektor UI meyakini bahwa semua memiliki kesamaan harapan dan keyakinan membawa UI menuju ke titik tersebut. “Yakni, UI yang berada di posisi bergengsi dalam hal peringkat perangkingan nasional maupun global, menghasilkan riset dan inovasi terdepan, dan berdampak bagi masyarakat, serta pencapaian dari para dosen dan mahasiswa UI sesuai bidang ilmunya. Bersama-sama, kita wujudkan UI sebagai Entrepreneurial University,” ujar Prof. Ari.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UI juga melantik 18 Wakil Dekan periode 2022-2026 yaitu, Ari Saptawijaya, Ph.D., sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Fasilkom; Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Fasilkom; Dr. Fadlina Chany Saputri, M.Si, Apt., sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FF; Dr. Sutriyo, M.Si., Apt., sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FF; Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH, sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FK; dr. Anis Karuniawati, SpMK(K), PhD., sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FK.

Dari FIB, Rektor UI melantik Dr. Joesana Tjahjani, S.S., M.Hum., sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Dr. Taufik Asmiyanto, S.S., M.Si., sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum. Dari F.Psi, Dicky C. Pelupessy, Ph.D., diangkatsebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Dra. Herta Napitupulu, M.M., Psikolog, sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum. Sedangkan dari FKM, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc., sebagaiWakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Dr. Milla Herdayati, SKM, M.Si., sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum.

Selain itu, dari FEB, Rektor UI melantik Arief Wibisono Lubis, S.E., M.F.M., M.Sc., Ph.D., sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan dan Nanda Ayu Wijayanti, S.E., Ak., M.B.A., Ph.D., sebagaiWakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum. Dari FMIPA, Dr. rer. nat. Budiawan dilantik sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Dr. Tito Latif Indra, S.Si, M.Si, sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum. Dari FIK, Dessie Wanda, S.Kp., M.N., Ph.D., sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Dr. Nani Nurhaeni, S.Kp., M.N., sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Fakultas Ilmu Keperawatan.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan serah terima jabatan dari Dekan yang lama kepada Rektor dan angkat sumpah jabatan Dekan dan Wakil Dekan baru yang dipimpin oleh Rektor UI. Sebelumnya pada akhir Desember 2021, Rektor UI telah melantik 10 Dekan baru di lingkungan UI yang berasal dari FEB, FKM, Fasilkom, FMIPA, FIK, FK, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, F.Psi, FF, dan FIB. 

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X