• Senin, 4 Juli 2022

Pakai Baju yang Bergambar Ketika Shalat, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

- Selasa, 11 Januari 2022 | 20:14 WIB
Ilustrasi melaksanakan shalat. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi melaksanakan shalat. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Shalat merupakan salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh siapa saja yang telah memeluk agama Islam. Shalat tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apa pun.

Selain itu, shalat juga merupakan saat seseorang berkomunikasi dengan Allah SWT. Jadi ia harus tampil dalam keadaan fisik dan spiritual terbaik.

Ketika seseorang shalat dan berpakaian. Maka ia harus memakai pakaian terbaik yang dia miliki. Karena Allah adalah Dzat yang Maha Indah.

Baca Juga: PT Brantas Abipraya Buka Lowongan Pekerjaan Terbaru, Simak Berikut Ini!

Bahkan, menurut Syekh Abu Bakr bin Syatha dalam I'anat At-Thalibin, hendaknya saat salat menggunakan pakaian yang terbaik. Ia berkata:

 (قوله ويسن أن يلبس أحسن ثيابه) أي ويحافظ على ما يتجمل به عادة ولو أكثر من اثنين لظاهر قوله تعالى {يا بني آدم خذوا زينتكم عند كل مسجد} ولقوله صلى الله عليه وسلم إذا صلى أحدكم فليلبس ثوبيه فإن الله أحق أن يزين له  

Artinya: “Ucapan Syekh Zainuddin, sunah memakai pakaian terbaiknya, dan juga menjaga pakaian yang indah/ sopan secara adat, meski lebih dari dua jenis pakaian. Hal ini berdasarkan makna lahir dari firman Allah, pakailah perhiasaaan kalian setiap kali shalat, dan berdasarkan sabda Nabi, bila salah satu dari kalian shalat, maka pakailah dua pakaiannya, sesungguhnya Allah lebih berhak untuk ditampakan keindahan kepadaNya.”

 Baca Juga: Kapolri Minta Jajaran Terjun ke Lapangan untuk Dengar Aspirasi Masyarakat

Untuk menghindari pakaian yang tidak pantas saat shalat, Islam melarang orang beriman mengenakan pakaian yang dapat mengganggu kekhusyukan shalat.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X