• Senin, 23 Mei 2022

Anda Dinyatakan Siswa Eligible? Simak Perkiraan Nilai Rata-rata Rapor SNMPTN UGM

- Rabu, 12 Januari 2022 | 09:34 WIB
Simak perkiraan nilai rata-rata raport SNMPTN UGM saintek dan soshum. (Dok Net/Istimewa)
Simak perkiraan nilai rata-rata raport SNMPTN UGM saintek dan soshum. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Standar nilai SNMPTN UGM membuat siswa yang penasaran ingin masuk ke kampus tersebut jadi penasaran.

Nilai raport sangat penting dan relevan dengan jalur seleksi SNMPTN, terutama bagi siswa yang memenuhi eligible (memenuhi syarat).

Siswa yang eligible (memenuhi syarat) adalah siswa kelas 12 yang berhak mengikuti jalur SNMPTN. Dengan memilih jalur SNMPTN, sistem penerimaan mahasiswa akan dihitung baru berdasarkan nilai raport, akreditasi, dan perhitungan nilai sekolah. Sekolah dengan akreditasi A mendapat kuota SNMPTN 40%, dan sekolah dengan akreditasi B mendapatkan 25% dan 5% dengan akreditasi C.

Baca Juga: Supercopa de Espana 2021-22: Tinjau Duel Barcelona vs Real Madrid

Sistem seleksi yang diberlakukan pada tahun 2008 ini tentunya sangat memudahkan mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi negeri tanpa ujian tertulis atau UTBK.

Oleh karena itu, siswa yang dinyatakan eligible yang memang memiliki kesempatan untuk mendaftar dalam kuota SNMPTN akan menemukan nilai rata-rata dalam laporan SNMPTN UGM dan membuat pilihan jurusan berdasarkan nilai tersebut.

Perlu diketahui bahwa Lembaga Ujian Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak pernah menetapkan standar kualifikasi akademik dengan jalur SNMPTN.

Namun, salah satu akun YouTube Kamu Itu Beda memberikan perkiraan rata-rata raport untuk seleksi SNMPTN UGM terbaru. Estimasinya menggunakan metode distribusi normal sejumlah peminat dengan parameter mean dan standar deviasi yang sudah ditentukan, kemudian ambil batas nilai sejumlah data tampung jurusan.

Baca Juga: Pemkot Jakpus Pilih Johar Baru Jadi Lokasi Operasi Pasar Minyak Goreng 14 Ribu

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X