• Senin, 23 Mei 2022

Tim Mahasiswa FMIPA UI Pertahankan Gelar Juara Pertama Cigna Innovation Competition

- Kamis, 13 Januari 2022 | 16:14 WIB
Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), menggagas suatu fitur digital yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna aplikasi e-commerce untuk metode pembayaran paylater. (Jabodetabek.Id)
Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), menggagas suatu fitur digital yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna aplikasi e-commerce untuk metode pembayaran paylater. (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Meningkatnya digitalisasi dalam setiap aspek kehidupan, membawa perubahan dalam gerak kehidupan masyarakat sekarang. Sistem paylater, misalnya, tumbuh cepat selama pandemi. Selain itu, disinyalir kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi jiwa di masa pandemi pun makin bertumbuh.

Fakta-fakta ini mendorong Dylan Arlen Tunggatama, Carissa Angelina Susanto, dan Intan Juwitahari, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), menggagas suatu fitur digital yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna aplikasi e-commerce untuk metode pembayaran paylater.

Fitur tersebut diberi nama SafeLater. “Konsep fitur ini diadopsi dari asuransi pinjaman di bank, yaitu produk asuransi yang memberikan jaminan kepada kreditur jika terjadi risiko gagal bayar oleh debitur, karena meninggal dunia atau cacat total tetap akibat sakit atau kecelakaan,” kata Dylan, ketua Tim Bulbah --yang dibentuk bersama dua rekan lainnya. Tim ini membawa gagasan tersebut berkompetisi di ajang Cigna Innovation Challenge 2021 yang diikuti oleh 50 tim mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Ketiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Aktuaria, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) angkatan tahun 2020 tersebut berhasil keluar sebagai juara pertama. Pada tahun sebelumnya (2020), prestasi serupa diraih oleh A3 Team (Gracella Jovita dan Justine Kael Tanady) dari fakultas yang sama.

PT Asuransi Cigna (perusahaan layanan kesehatan global yang berbasis di New York) sebagai penyelenggara acara, mengumumkan para pemenang acara kompetisi ini pada Winner Announcement Ceremony yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 20 Desember 2021. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai bentuk ajakan kepada generasi muda Indonesia untuk memberikan gagasan dan inovasi di dunia industri asuransi, yang sejalan dengan perkembangan zaman dan perubahan teknologi yang terus terjadi.

Ada tiga tema yang ditawarkan dalam kompetisi ini, yaitu program untuk Meningkatkan Situasi Finansial Komunitas Masyarakat di Indonesia, Inovasi Produk Asuransi Jiwa Sesuai Pilihanmu, dan Membangun Keterikatan dengan Nasabah dan Calon Nasabah. Tim Bulbah yang diketuai oleh Dylan memilih tema “Inovasi Produk Asuransi Jiwa Sesuai Pilihanmu”.

SafeLater memungkinkan pengguna aplikasi mendapatkan jaminan bahwa cicilan dari paylater ataupun pinjaman tersebut akan lunas, bila pengguna aplikasi mengalami ketidakmampuan dalam membayar sebelum cicilannya lunas. Ketidakmampuan itu bisa karena yang bersangkutan meninggal dunia ataupun mengalami cacat seumur hidup.

“Idenya itu, sekarang kan di bank ada yang namanya asuransi pinjaman. Jadi, ketika seseorang meminjam sejumlah uang, lalu peminjam meninggal dunia, maka pinjamannya itu dipastikan lunas. Nah, kita ambil ide dari situ, dimana kita memasukkan asuransi jiwa ini ke dalam (metode pembayaran) paylater,” ujar Intan, anggota tim Bulbah.

“Keuntungan fitur SafeLater dari sisi pengguna adalah jaminan pelunasan jika terdapat kondisi gagal bayar. Dari sisi penyedia jasa, akan meningkatkan minat pengguna dalam membeli produk dan bertransaksi menggunakan sistem paylater,” kata Dylan.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X