• Senin, 23 Mei 2022

Keistimewaan Asiyah Istri Firaun Yang Dijamin Masuk Surga oleh Allah SWT

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:32 WIB
Ilustrasi Asiyah binti Muzahim, istri Firaun. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi Asiyah binti Muzahim, istri Firaun. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Rasulullah SAW bersabda dalam hadits, ada empat pemimpin wanita di surga. Mereka adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah binti Khuwailid, dan Asiyah. (HR. Hakim dan Muslim).  

Dalam hadits, Asiyah memiliki nama lengkap Asiyah binti Muzahim, seorang wanita yang dicintai dan ditakuti oleh Firaun karena imannya yang teguh.

Jadi mengapa Asiyah menjadi salah satu wanita yang dijanjikan masuk surga dalam hadits nabi?

Asiyah ternyata bukan perempuan biasa. Karena sebagai wanita, dia memiliki banyak keistimewaan. Berikut beberapa keistimewaan Asiyah yang dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: Tata Kelola Klaboratif Demi Wujudkan Masa Depan Pengelolaan Batubara Indonesia

1. Namanya diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur'an.

Kebaikan hati Asiyah ternyata sudah tertulis di dalam Al-Qur'an Surah Al-Qashash ayat 11 yang menceritakan tentang cara Asiyah menyelamatkan Nabi Musa AS dari kebengisan Firaun.

"Dan berkatalah istri Firaun: "(Ia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil ia menjadi anak", sedang mereka tiada menyadari." (QS. Al-Qashash: 9).

Bukan cuma itu, Asiyah juga tetap berdoa kepada Allah meski Fir'aun terus menyiksa agar ia mengakui suaminya itu adalah Tuhan.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X