• Senin, 23 Mei 2022

Saat Gempa Melanda, Ikuti 4 Tips Berikut Untuk Jaga Keselamatan Diri

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:23 WIB
Ilustrasi akibat gempa. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi akibat gempa. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Gempa berkekuatan 6,7 SR yang berpusat di Sumur, Banten begitu terasa hingga ke Jakarta dan sekitarnya. Gedung pencakar langit juga terpengaruh dan bergetar hebat. Akibatnya, banyak yang bergegas keluar dari gedung untuk menyelamatkan diri.

Jadi apa yang harus dilakukan orang-orang di lantai atas gedung pencakar langit saat gempa bumi terjadi? Ini penjelasannya.

  1. Berada di gedung tinggi atau gedung pencakar langit

Jangan panik jika Anda  berada di gedung pencakar langit karena gempa. Penting juga untuk diingat bahwa getaran yang sangat kuat dapat menyebabkan bangunan runtuh.

Lebih baik berjongkok dan bersembunyi saat gempa masih terjadi. Bersembunyi di bawah meja. Juga, pastikan untuk melindungi wajah Anda dari puing-puing yang dapat runtuh akibat getaran gempa.

Baca Juga: Preview Pertandingan Liga 1 2021-2022: Persija vs Persela, Persib Lawan Borneo FC

  1. Berada di lift

Saat terjadi gempa dan tengah berada di dalam lift, jadi turunlah sesegera mungkin. Lift teknologi baru dirancang untuk membuka pintu secara otomatis di lantai terdekat. Namun, jika lift yang Anda naiki sudah termasuk lift tua, segera tekan semua tombol.

Jika Anda terjebak dalam lift saat gempa, tekan tombol darurat dan minta bantuan seseorang di luar. Jika listrik mati, silakan gunakan ponsel. Bahkan jika Anda tidak dapat melakukan panggilan, Anda mungkin dapat mengirim email di ponsel Anda.

Baca Juga: Sedang Sakit? Bacalah Doa Berikut Ini Agar Dikaruniai Kesembuhan dari Allah SWT

  1. Terjebak di dalam mobil

Kemudian, tidak jarang orang-orang di mobil dan sepeda motor merasakan gempa yang begitu parah. Namun, jika situasi gempa sangat kuat, Anda bisa merasakan getarannya.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X