• Sabtu, 13 Agustus 2022

Polisi Ungkap Praktik Jual Beli Surat Hasil Swab Antigen Palsu di Bandara Soetta

- Jumat, 25 Februari 2022 | 14:17 WIB
Jajaran Sat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengungkap praktik jual beli hasil swab Antigen Covid-19 palsu di Bandara Soekarno-Hatta  (Jabodetabek.Id)
Jajaran Sat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengungkap praktik jual beli hasil swab Antigen Covid-19 palsu di Bandara Soekarno-Hatta (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Jajaran Sat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengungkap praktik jual beli hasil swab Antigen Covid-19 palsu di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Pemalsuan dokumen untuk salah satu syarat perjalanan menggunakan pesawat terbang di masa pandemi ini juga melibatkan oknum petugas Bandara Soetta.

Dalam kasus ini, Polisi mengamankan 4 orang tersangka yang masing-masing berinisial MSF (25), S (29), HF (35) dan AR (40).

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengungkapkan, para tersangka (TSK) memiliki peran masing-masing dalam jual beli dokumen untuk syarat perjalanan ini.

Mulai dari mencari calon penumpang yang belum melakukan tes Covid-19 hingga pembuatan hasil swab Antigen palsu.

"Peran dari 4 TSK ini adalah mencari, kemudian menghubungkan, ada yang operator. Ini adalah oknum dari yang bertugas di bandara," kata Kombes Sigit di Polresta Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (25/2/2022).

Sigit menjelaskan, keempat tersangka tersebut telah menjual ratusan hasil swab Antigen palsu kepada calon penumpang pesawat selama kurang lebih 5 bulan terakhir sejak tahun 2021. 

Adapun harga yang ditawarkan untuk hasil negatif swab Antigen palsu tersebut mulai Rp 200 ribu - Rp 300 ribu.

"Sudah 5 bulan dilaksanakan, dan ratusan surat keterangan yang sudah dihasilkan. Untuk masing-masing surat dikenakan kurang lebih harganya Rp 200 sampai Rp 300 ribu," ungkap Kapolres.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X