• Senin, 23 Mei 2022

Kakorlantas Tutup Skema Gage dan One Way Operasi Ketupat 2022: Angka Kecelakaan Menurun Drastis

- Senin, 9 Mei 2022 | 07:23 WIB
 Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (Dok Net/ Istimewa)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (Dok Net/ Istimewa)

Jabodetabek.Id - Korlantas Polri mengakhiri rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap saat arus balik mudik lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengatakan kebijakan ini diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik yang sudah mulai lancar.

"Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6," kata Firman di KM 29 tol Jakarta-Cikampek, Senin (9/5/2022) dini hari.

"Ini juga sekaligus menandakan bahwa  jam 00.30 WIB tadi pagi, kami memastikan dengan rombongan menyisir jalan dari arah Jakarta menuju KM 70 ini, kantor yang juga penuh sejarah tempat kami terus berkoordinasi selama ini dari jam ke jam memantau melayani masyarakat yang akan balik," sambung dia.

Pada kesempatan ini, Firman juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat selama arus mudik dan balik. Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," ujarnya.

Menurut Firman, selama operasi ini, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

"Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan bahan evaluasi ke depan," tuturnya.

Sementara berdasarkan data, Firman menyebut, angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen. Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik lebaran 2019 periode sebelum pandemi covid-19.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X