• Selasa, 6 Desember 2022

Dua Pelaku Ditangkap Polres Metro Jakpus, Tipu Korban dengan Uang Rp2 Miliar Tapi Palsu

- Rabu, 23 November 2022 | 07:46 WIB
Dua pelaku pengedar uang palsu diamankan polisi.  (Jabodetabek.Id)
Dua pelaku pengedar uang palsu diamankan polisi. (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat menggelar keterangan pers terkait pengungkapan kasus penipuan dan penggelapan di Aula lantai 3 Mapolres, Selasa (22/11/2022).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyampaikan adanya laporan dugaan penipuan dan penggelapaan dengan menggunakan sarana uang yang menyerupai design uang rupiah pecahan seratus ribu.

“Kami jajaran Polres Metro Jakarta Pusat akan menyampaikan release terkait dengan penanganan kasus dengan dugaan penipuan dan penggelapan dengan menggunakan sarana uang yang menyerupai ataupun di design mirip dengan uang rupiah pecahan 100.000 ribu,” tuturnya.

"Dimana berawal pada saat korban ataupun pelapor membutuhkan uang untuk modal usaha,” sambung Kapolres Jakpus.

Selanjutnya, Komarudin menjelaskan kronologi sehingga korban tertipu oleh ulah pelaku.

“Secara kebetulan, pelaku NC menawarkan bahwa menyanggupi ataupun akan mengenalkan orang yang siap memberikan pinjaman modal dimana kebutuhan pelapor membutuhkan pemodalan sebesar Rp5 miliar,” urainya.

“Selanjutnya oleh tersangka NC dikenalkan kepada tersangka DL dan juga tersangka JK alias Andika yang sanggup memberikan pinjaman permodalan dengan syarat harus ada uang administrasi untuk memperlancar 10 persen dari pinjaman. Namun karena korban hanya memiliki uang sebesar 100 juta rupiah sebagai syarat untuk memperlancar proses pinjaman. Karena itu, pelaku hanya bisa memberikan pinjaman dengan nominal sebesar Rp2 miliar,” jelas Kapolres Jakpus panjang lebar.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa korban dan pelaku bertemu di salah satu ruko di Cempaka Mas untuk menukar uang administrasi dengan uang pinjaman.

“Selanjutnya terjadi komunikasi dan perjanjian, maka di TKP salah satu kafe di ruko Cempaka Mas Sumur Batu Kemayoran, korban bertemu dengan pelaku DL diantar oleh pelaku JK dan menyerahkan uang 1 tas yang dikatakan bahwa uang tersebut bernilai Rp2 miliar. Selanjutnya korban juga menyerahkan uang sebesar 100 juta sebagai mana persyaratan tadi secara cash langsung dan dibawa oleh pelaku,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Awasi dan Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:36 WIB

Berkas Judi Online Apin BK Dinyatakan Lengkap

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:11 WIB
X