• Rabu, 19 Januari 2022

Keistimewaan Shalat di Masjid Nabawi

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 14:49 WIB
Ilustrasi, Masjid Nabawi. (Foto: Dok Net/ Istimewa).
Ilustrasi, Masjid Nabawi. (Foto: Dok Net/ Istimewa).

 

Masjid Nabawi merupakan sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad, berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah. 

Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, masjid ini merupakan bekas tempat tinggal beliau. Dahulu keadaan masjid ini di bangun tanpa atap dan dijadikan untuk tempat berkumpul masyarakat, majelis dan sekolah agama. Saat pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW, Masjid Nabawi hanya berukuran sekitar 50 x 50 meter. Namun seiring dengan perkembangan zaman, serta banyaknya jamaah yang datang, masjid ini terus mengalami perluasan.

Masjid yang didirikan oleh Rasulullah SAW sendiri ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh masjid-masjid lain pada umumnya. Memangnya apa keutamaannya?

Masjdi Nabawi salah satu dari tiga masjid yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Dan berkaitan dengan keistimewaannya, Rasulullah SAW bersabda Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih utama daripada seribu shalat di tempat yang lain, kecuali Masjidil Haram, dan shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada seratus ribu shalat di tempat yang lain.

Kemudian dari Maimunah Ra, beliau berkata:

Barangsiapa shalat di masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sungguh aku pernah mendengar beliau bersabda: Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik dari seribu shalat di masjid lainnya selain masjid Kabah (masjid yang di dalamnya terdapat Kabah).
(HR. Muslim, no. 1396 dan An-Nasa’i, no. 691).

Dari kedua hadist di atas, kita tentu sudah paham bagaimana istimewanya masjid Nabawi ini semoga kita semua memiliki kesempatan untuk bisa sholat di Masjid Nabawi.

 

Halaman:

Editor: Syifa Jabodetabek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X