• Rabu, 19 Januari 2022

Perbasi Protes Keras! Imbas Lagu Indonesia Raya Dipotong pada Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023

- Minggu, 28 November 2021 | 15:35 WIB
Timnas basket Indonesia kalah tanding lawan Lebanon di Zouk Mikael Arena, Lebanon, Sabtu (27/11/2021) (Dok Net/ Istimewa )
Timnas basket Indonesia kalah tanding lawan Lebanon di Zouk Mikael Arena, Lebanon, Sabtu (27/11/2021) (Dok Net/ Istimewa )

Jabodetabek.id Ketika Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia bertanding pada Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023, lagu Indonesia Raya dipotong.

Menanggapi momen yang tak sepatutnya tersebut, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mengajukan protes keras.

Peristiwa terjadi ketika Timnas basket Indonesia berhadapan dengan Lebanon yang berlangsung di Zouk Mikael Arena, Lebanon, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga: Keren, PP Perbasi Akan Kirim Timnas Basket Indonesia Menimba Ilmu ke Amerika Serikat

Sebelum pertandingan, lagu Indonesia Raya diputar namun tidak sampai selesai terdengar hingga lirik "marilah kita berseru, Indonesia bersatu". Selepas itu lagu pun berhenti dan tidak dilanjutkan.

Manajer Timnas Elite Indonesia Maulana Fareza Tamrella yang mengungkapkan hal ini dan mengaku sempat bingung di lapangan ketika lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ tidak diputar secara utuh.

Padahal dalam pertemuan sebelum pertandingan yang berakhir 38-96 untuk kekalahan Indonesia ini, hal itu telah dibahas

Baca Juga: Tatap Serius Piala Dunia 2023, PP Perbasi Tunjuk Mantan Pelatih Satria Muda Tukangi Timnas Elite Indonesia

"Mungkin bagi mereka hal seperti ini biasa tapi bagi kami, ini adalah persoalan sensitif. Ini menyangkut harga diri sebagai bangsa. Secara lisan, kami sudah protes saat itu juga dan kami berharap hal serupa tidak terjadi lagi ke depannya," ujar Maulana Fareza Tamrella dari rilis yang diterima MPI, Minggu (28/11/2021).

Perbasi juga mengambil sikap dengan mengajukan surat protes kepada Lebanon pada saat itu juga.

Halaman:

Editor: Shidqi Fikri Zaidan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Starting XI Terbaik FIFA Tahun 2021

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:17 WIB
X