• Minggu, 3 Juli 2022

Transformasi Pengajaran Ke Digital Akan Hadirkan ‘Selebritas’ Baru

- Kamis, 23 Desember 2021 | 12:42 WIB
Center for Education and Learning in Economics and Business (CELEB), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), mengadakan seminar daring bertema “Digitalisasi Pembelajaran dan Pedagogi E-Learning” yang menghadirkan Prof. Paulina Pannen (Kepala Indonesia Cyber Education Institute) sebagai pembicara, dan dipandu oleh Ledi Trialdi dari CELEB FEB UI.  (Jabodetabek.Id)
Center for Education and Learning in Economics and Business (CELEB), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), mengadakan seminar daring bertema “Digitalisasi Pembelajaran dan Pedagogi E-Learning” yang menghadirkan Prof. Paulina Pannen (Kepala Indonesia Cyber Education Institute) sebagai pembicara, dan dipandu oleh Ledi Trialdi dari CELEB FEB UI. (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Center for Education and Learning in Economics and Business (CELEB), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), mengadakan seminar daring bertema “Digitalisasi Pembelajaran dan Pedagogi E-Learning” yang menghadirkan Prof. Paulina Pannen (Kepala Indonesia Cyber Education Institute) sebagai pembicara, dan dipandu oleh Ledi Trialdi dari CELEB FEB UI. 

 Menurut Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D., tujuan utama CELEB adalah memunculkan “selebritas” baru dalam bidang pengajaran. Di era digital ini, FEB UI ingin para dosen tidak hanya berfokus pada penelitian, namun juga fokus pada pengajaran digital dengan merancang dan menciptakan konten pembelajaran daring yang menarik bagi mahasiswa.

 “CELEB merupakan sebuah komitmen saya sebagai Dekan FEB UI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan pedagogi di era digital. Selama ini, kita merasa digital seolah mudah, tetapi sebenarnya perlu upaya lebih serius, termasuk dengan mengundang ahli seperti Prof. Paulina, sehingga rekan FEB UI bisa belajar bersama di sini,” ujarnya.

Teguh berharap, setiap dosen di FEB UI harus mengikuti minimal satu kali pelatihan CELEB. Pelatihan ini ditunjang dengan fasilitas studio yang disediakan untuk memproduksi Massive Open Online Courses (MOOC) dan podcast.

Dalam sesi pemaparannya, Paulina menerangkan tentang perkembangan pembelajaran berbasis teknologi (distance education) di dunia, mulai dari generasi pertama correspondence pada 1880, generasi kedua multimedia pada 1960, generasi ketiga learner support pada 1970, dan generasi keempat telekomunikasi pada 1990. Sementara di Indonesia, perkembangan pembelajaran ini diejawantahkan dalam program-program pembelajaran pemerintah, yaitu pembelajaran berkelanjutan (continuous learning) pada 2010, pembelajaran digital (digital learning) pada 2017, dan pembelajaran cerdas (intelligent learning) pada 2020.

Menurutnya, perguruan tinggi di Indonesia mengalami transformasi digital secara cepat sejak dimulainya pandemi. Sebenarnya, transformasi ini sudah agak terlambat. “Padahal sebelumnya sudah ada tantangan seperti revolusi industri 4.0, internasionalisasi, krisis ekonomi global, tetapi Indonesia masih belum bergeming. Saat pandemi melanda, pembelajaran daring barulah luar biasa meningkat,” ujar Paulina.

Transformasi digital ini membawa banyak perubahan, terutama dalam bidang pendidikan. “Pedagogi tak lagi mengajar orang (teaching), tapi memimpin orang (leading). Jadi, dosen memegang peranan sebagai pemimpin untuk merancang proses belajar dan membantu siswa menuju tempat dimana mereka dapat belajar sendiri. Terlebih, saat ini ada gerakan keterbukaan dalam sistem pendidikan,” ujarnya menjelaskan.

Ia berharap, sistem pembelajaran daring ini dapat terus bertahan dan berjalan di masa yang datang. Ia juga memprediksi, setelah pandemi Covid-19 mulai menurun, pendidikan akan beralih ke metode pembelajaran hybrid, yaitu campuran antara daring dan luring.

Paulina mengungkapkan bahwa transformasi digital ini merupakan sesuatu yang baik karena pendidikan pada akhirnya memang harus mengikuti perubahan zaman. Transformasi pendidikan ini tentu perlu ditunjang dengan fasilitas dan kurikulum yang juga mendukung, seperti ruang belajar yang interaktif yang memungkinkan mahasiswa bekerja secara berkelompok.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tutorial Menambah Produk ke Showcase

Sabtu, 28 Mei 2022 | 05:52 WIB

iBooming Buat Akun Influencer Lebih Berkembang

Jumat, 27 Mei 2022 | 08:01 WIB

Aplikasi Rstelemed, Aplikasi Cek Kesehatan Mandiri

Selasa, 19 April 2022 | 10:40 WIB

Apakah iBooming Aman?

Minggu, 10 April 2022 | 11:55 WIB
X