• Senin, 23 Mei 2022

Mudah! Berikut Tata Cara Daftarkan Mushala atau Masjid ke Simas Kemenag

- Jumat, 14 Januari 2022 | 20:17 WIB
Tips mudah untuk daftarkan Mushala atau masjid di Simas Kemenag. (Dok Net/Istimewa)
Tips mudah untuk daftarkan Mushala atau masjid di Simas Kemenag. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan pendataan masjid dan mushola di seluruh Indonesia.

Pengumpulan data dilakukan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (Simas) yang dapat diakses melalui laman simas.kemenag.go.id.

Plt. Ismail Fahmi, Direktur Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah (Urais Binsyar), mengatakan program ini bertujuan untuk membuat data masjid lebih mudah diakses oleh masyarakat umum. Selain itu, juga memperkuat integrasi masjid dan mushola dengan Kementerian Agama melalui Simas.

Baca Juga: Sering Atur Pasangan, Berikut 5 Zodiak Wanita Yang Suka Mendominasi Hubungan

“Untuk memaksimalkan program tersebut, kami mengajak para takmir masjid atau mushalla untuk ikut berperan aktif menyukseskan program tersebut dengan memastikan bahwa masjid atau musala yang dikelola telah terdaftar pada Simas,” ujar Ismail dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (12/1). 

Alumni Pondok Pesantren Tebuireng Jombang itu ini mengungkapkan, masjid dan mushola yang terdaftar di Simas Kemenag memiliki banyak keunggulan. Salah satu masjid yang memiliki ID Nasional akan otomatis terintegrasi ke dalam sistem pelayanan pemerintah.

“Data pada Simas juga sudah dilengkapi dengan Geographic Information System atau GIS, sehingga lokasi masjid atau musala dapat dipetakan dengan tingkat akurasi yang lebih baik di atas peta dunia dengan memanfaatkan citra satelit,” ungkapnya.

Baca Juga: Sempat Disambut Euforia, Kini Performa Rangnick Sebagai Juru Taktik MU Diragukan

Menurut Ismail, mendaftarkan masjid atau mushola ke Simas memudahkan rujukan untuk meminta bantuan dan sertifikat pendaftaran bagi Simas untuk memiliki akun atas nama masjid atau mushola (Ada beberapa manfaat lain, seperti mendapatkan SKT). Buka di bank yang bekerja sama dengan Kementerian Agama.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aplikasi Rstelemed, Aplikasi Cek Kesehatan Mandiri

Selasa, 19 April 2022 | 10:40 WIB

Apakah iBooming Aman?

Minggu, 10 April 2022 | 11:55 WIB

Cara Endorse Influencer di TikTok dengan Mudah

Minggu, 10 April 2022 | 08:30 WIB

Alasan Mengapa Influencer Harus Join iBooming

Sabtu, 9 April 2022 | 07:13 WIB

Ramai Dibicarakan, Apa Itu iBooming?

Sabtu, 9 April 2022 | 06:47 WIB
X