• Senin, 4 Juli 2022

Kominfo-Siberkreasi Bekerja Sama dengan Spotify di Indonesia, Tingkatkan Kemampuan Podcasters Generasi Muda

- Rabu, 23 Februari 2022 | 13:38 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, bermitra dengan Spotify meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022, sebuah program gratis yang dirancang khusus untuk meningkatkan keahlian pembuatan podcast. (Jabodetabek.Id)
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, bermitra dengan Spotify meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022, sebuah program gratis yang dirancang khusus untuk meningkatkan keahlian pembuatan podcast. (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id- Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, bermitra dengan Spotify meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022, sebuah program gratis yang dirancang khusus untuk meningkatkan keahlian pembuatan podcast. Mulai dari 26 Februari 2022, program ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut langkah-langkah awal dalam pembuatan podcast. Sejak diinisiasi tahun 2020 lalu, Kelas Podcast Siberkreasi telah menjangkau lebih dari 30.000 peserta dari seluruh penjuru tanah air dan dengan keikutsertaan Spotify menargetkan 50.000 peserta tambahan di tahun 2022.

Spotify telah membawa banyak kemajuan dalam podcasting, mengembangkan katalog mereka hingga mencakup lebih dari 3,2 juta podcast secara global yang menampilkan kisah cerita, pendidikan, dan kesehatan dari beragam pendapat di setiap genre yang bisa dibayangkan. Di Indonesia, Spotify telah bekerja dengan beberapa nama terbaik di kancah podcasting lokal yang telah mendorong podcasting sebagai sebuah format masa depan. Saat ini, orang dapat menikmati podcast dari berbagai genre, seperti komedi, horor, pengembangan diri, bahkan kesehatan di Spotify. Para veteran seperti Podkesmas Asia Network atau bahkan kreator muda seperti Rintik Sendu –dengan acara Spotify Original mereka– telah membuat perubahan dalam beberapa tahun terakhir dan membuka jalan bagi kreator masa depan. Sampai hari ini dan untuk Indonesia saja, layanan streaming musik ini memiliki lebih dari 25 podcast eksklusif dan 13 podcast original. Melalui keterlibatan Spotify dalam Kelas Podcast Siberkreasi 2022, peserta dapat mengambil manfaat dari pemahaman terhadap podcast yang disediakan oleh platform streaming audio.

Peserta akan mendapatkan tips dan trik terbaik di kelasnya tentang cara membuat saluran podcast mereka sendiri. Mulai dari mengidentifikasi sasaran dan ceruk pendengarnya, mengatur transkrip, memanfaatkan media sosial untuk promosi serta mengembangkan podcast mereka, dan bahkan pelatihan suara. Mereka juga akan diberikan materi podcast dan ide konten untuk memulai perjalanan mereka. Sebagai bagian dari program ini, peserta juga mendapatkan informasi dari Spotify tentang cara terbaik untuk memanfaatkan Anchor, perangkat gratis dari Spotify untuk membuat dan mendistribusikan podcast, begitu mereka siap untuk memulai perjalanan podcast mereka.

Sesi pelatihan pertama berjudul, “Suara dari Perempuan untuk Perempuan” akan dilaksanakan tanggal 26 Februari 2022 dan dipimpin oleh para perempuan terbaik di bidangnya. Dipandu oleh Natalie Indry, Penyiar TV dan Radio, peserta dapat belajar dari pembimbing inspiratif seperti Bintang Cahaya yang merupakan Host dan Kepala Penyiaran Kelas Broadcasting Indonesia (Voice Coaching), Ida Umamah seorang mantan jurnalis dan Host “I Think I Wanna Date You” dan masih banyak lagi. Selain itu, Kelas Podcast Siberkreasi 2022 juga akan menyediakan sesi pelatihan yang diberikan pakar dari beragam bidang seperti olahraga, keagamaan, kelompok disabilitas dan lainnya.

Bapak Semuel A. Pangerapan, Direktur Jenderal Penerapan Informatika Republik Indonesia, mengatakan bahwa, “Sebagai bagian dari upaya mempercepat agenda nasional transformasi digital, kita harus berpegang pada prinsip ‘tidak ada yang tertinggal, atau tidak seorang pun akan ditinggalkan’. Oleh karena itu, program tahun ini dirancang lebih tersegmentasi karena semua lapisan masyarakat kita akan dapat menerima substansi dan materi yang lebih sesuai. Kerja sama dengan Spotify ini merupakan langkah nyata dari kami untuk membawa program ini kepada lebih banyak lagi anak muda di seluruh Indonesia.”

Untuk memulai Kelas Podcast Siberkreasi 2022, Kementerian Kominfo dan Siberkreasi menggelar webinar bertajuk Gelombang Baru Siniar Generasi “Halu”? pada 16 Februari 2022 lalu. Dibuka oleh Rizki Ameliah, Koordinator Program Digital Literasi Kementerian Kominfo, kegiatan ini difasilitasi oleh Bobby Mandela inisiator “BKR Brothers” dan dua podcaster muda dalam Podcast Eksklusif Spotify, Vania Winola dari “little talks” dan Halo Bagas dari “Kita dan Waktu”. Selama sesi berlangsung, mereka berbagi pengalaman, tips dan trik untuk memulai dan konsisten menjadi seorang podcasters. Pada kesempatan ini, alumni dari sesi Kelas Podcast Siberkreasi tahun 2020/2021 juga ikut berbagi pengalaman mereka selama pelatihan, sekaligus harapan agar kedepannya muncul lebih banyak kreator podcast yang membantu perkembangan literasi digital di Indonesia.

"Podcast merupakan medium unik yang memungkinkan kreativitas dan personalisasi. Ini memungkinkan setiap orang dengan pendapat maupun ceritanya masing-masing untuk membuat perubahan dengan memastikan bahwa pendapatnya tersebut didengar oleh ribuan bahkan jutaan orang. Kami telah secara aktif bekerja sama dengan kreator di Indonesia untuk membangun program Eksklusif dan Original sejak tahun 2019 dan akan terus mencari lebih banyak cara lagi untuk mendukung dan membangun komunitas podcast di sini. Karena itu, kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan Kementerian Kominfo dan Siberkreasi dalam  membantu ribuan calon podcasters mengasah kreativitas dan memaksimalkan medium ini,” ujar Carl Zuzarte, Head of Studio Spotify Southeast Asia.

Melalui rangkaian Kelas Podcast Siberkreasi 2022, Kementerian Kominfo, Siberkreasi, serta Spotify, mengharapkan tumbuhnya talenta digital di Indonesia yang mampu menciptakan konten podcast yang menarik, positif, dan tentunya juga berdampak besar pada masyarakat.

Melalui Kelas Podcast Siberkreasi 2022 bersama Spotify, marilah kita belajar menciptakan konten yang positif dan berdampak baik dengan mendaftarkan diri melalui s.id/siniarperempuan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara-acara literasi digital, kunjungi info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi (@siberkreasi).

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tutorial Menambah Produk ke Showcase

Sabtu, 28 Mei 2022 | 05:52 WIB

iBooming Buat Akun Influencer Lebih Berkembang

Jumat, 27 Mei 2022 | 08:01 WIB

Aplikasi Rstelemed, Aplikasi Cek Kesehatan Mandiri

Selasa, 19 April 2022 | 10:40 WIB

Apakah iBooming Aman?

Minggu, 10 April 2022 | 11:55 WIB
X