• Selasa, 5 Juli 2022

Pesan Presiden Jokowi Pada Penyelenggara Publik, Harus Lebih Baik dan Responsif

- Rabu, 29 Desember 2021 | 13:19 WIB
Jokowi berpesan kepada penyelenggara publik untuk lebih baik dan responsif. (Dok Net/Istimewa)
Jokowi berpesan kepada penyelenggara publik untuk lebih baik dan responsif. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Presiden Joko Widodo mengatakan pelayanan publik yang buruk dapat merusak kredibilitas penyelenggara publik. Oleh karena itu, kata Jokowi, pemerintahan harus lebih baik, lebih responsif, dan lebih cepat.

"Penyelenggara pelayanan publik harus semakin baik, tuntutan masyarakat terus meningkat. Tidak akan ada toleransi bagi yang pelayanannya lambat berbelit-belit. Tidak ada tempat bagi pelayanan yang tidak ramah dan tidak responsif," jelas Jokowi dalam acara Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 secara virtual, Rabu (29/12).

Baca Juga: Ditawar 10 Juta Euro, Bayern Munich Siap Lepas MIchael Cuisance ke Dua Klub Ini

Dia mengingatkan bahwa penyelenggara publik tidak merasa puas dengan apa yang dicapai karena situasi dunia yang terus berubah. Jokowi meminta pemerintah mengubah cara kerjanya dan fokus memberikan pelayanan yang unggul.

“Merespon secara cepat dan tepat harapan dan kebutuhan masyarakat. Pelayanan publik yang baik tidak terjadi begitu saja, membutuhkan komitmen, upaya bersama, sinergi antar lembaga, dan upaya berkelanjutan. Perlu disiplin  panjang, perubahan sistem, perubahan tata kelola, perubahan pola pikir, dan perubahan budaya kerja,” ujarnya.

Baca Juga: Vokasi UI Ajak Pelaku UMKM Gunakan Aplikasi Digital untuk Pencatatan Keuangan

Bahkan, ia juga mengatakan bahwa penyelenggara publik harus mengubah kebiasaan dari dilayani menjadi melayani. Jokowi mengatakan penyedia layanan publik mau tidak mau harus mendesain ulang dan memanfaatkan teknologi baru untuk melakukan tugas pelayanan.

“Kami akan mendigitalkan layanan agar lebih mudah diakses dan memberikan layanan yang lebih cepat dan terjangkau,” kata Jokowi.

Baca Juga: Belum Pindah ke Real Madrid, Mbappe Ngaku Masih Ingin di PSG Hingga Akhir Musim

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu Hukumnya Wajib! Begini Penjelasan MUI

Sabtu, 27 November 2021 | 16:44 WIB
X