• Jumat, 1 Juli 2022

Rayakan HUT Ke-76, Berikut Sejarah Panjang Brimob Di Era Bung Karno

- Minggu, 14 November 2021 | 15:20 WIB
Brimob Polri (Dok Net/Istimewa)
Brimob Polri (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Brimob atau Brigade Mobile Polri pertama kali dibentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Khusus. Kekuatan Brimob yang besar pada masa Bung Karno menjadikan Brimob tentara pertama yang dinobatkan sebagai presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno atau Bung Karno.

Brimob memiliki sejarah panjang dalam melindungi dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Pada waktu itu, pemerintah militer Jepang membentuk pasukan cadangan besar yang bergerak dan memiliki mobilitas tinggi, dan kemudian melahirkan Tentara Tokubetsu Keisatsutai pada April tahun 1944.

Tokubetsu Keisatsutai terdiri dari perwira polisi muda di semua tempat di Jawa, Madura dan Sumatera. Tokubetsu Keisatsutai memiliki persenjataan yang jauh lebih lengkap daripada polisi biasa. Para calon anggotanya menerima pendidikan dan pelatihan militer dari Angkatan Darat Jepang. Dengan demikian, anggota Tokubetsu Keisatsutai dikatakan sebagai kepolisian yang terlatih, disiplin, dan terorganisir.

Di setiap Karesidenan, pada akhir tahun 1944, satu unit Tokubetsu Keisatsutai dibentuk dengan kekuatan kompi 60-200 orang.

Baca Juga: Konon Diambil Dari Selendang Nyo Roro Kidul, Berikut Asal-usul Baret Ungu Korps Marinir

Ketika Jepang menyerah kepada sekutunya, dan Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945,  masa pelatihan Tokubetsu Keisatsutai  berakhir.  

Anggota Tokubetsi Keisatsutai bekerja sama untuk melindungi kemerdekaan Republik Indonesia dari rakyat. Sejak Jepang menyerah kepada sekutunya, semua unit semi-militer dan militer di Indonesia telah dibubarkan.

Satu-satunya unit yang masih diperbolehkan menyimpan senjata adalah Tokubetsu Keisatsutai. Situasi ini menyebabkan anggota Tokubetsu Keisatsutai menjadi pelopor dalam perjuangan bersenjata untuk melindungi kemerdekaan Republik Indonesia.

Tepat pada tanggal 21 Agustus 1945, Inspektur Polisi I Mohammad Jasin membacakan teks Deklarasi Polisi Khusus, yang berisikan:

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI Gelar Latihan Penanggulangan Terorisme

Jumat, 17 Juni 2022 | 14:25 WIB
X