• Jumat, 1 Juli 2022

Mengenal Denjaka, Pasukan Elite TNI AL Yang Punya Kemampuan Khusus

- Selasa, 23 November 2021 | 15:25 WIB
Denjaka AL. (Dok Net/Istimewa)
Denjaka AL. (Dok Net/Istimewa)

Jabodetabek.id - Sebagai seorang pasukan elite Angkatan Laut (AL), Denjaka atau Detasemen Jala Mangkara memang tak terbantahkan. Dibentuk pada tahun 1982, Denjaka pada awalnya bernama Pasukan Khusus Angkatan Laut (Pasusla).

Dikenal sebagai Ghost of the Sea, unit ini bertanggung jawab untuk mengembangkan kekuatan dan menyediakan kemampuan untuk melawan aspek maritim dari terorisme, sabotase, dan melakukan operasi rahasia.

Prajurit tersebut diseleksi dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan Batalyon Pengintai Amfibi (Taifib). Wilayah kerjanya tidak selalu di laut.

Dalam beberapa kasus, personel Denjaka dapat dikerahkan di darat atau di udara. Sebab, menjadi prajurit elit ini bukanlah tugas yang mudah. Calon anggota mereka membutuhkan IQ tinggi agar cepat memahami apa yang mereka pelajari dan langsung menerapkannya di lapangan.

Baca Juga: Mengejutkan, Ini Hasil Kunjungan Panglima TNI ke Mabes TNI AL dan Mabes TNI AU

Masa pelatihan Denjaka adalah 6 bulan, dan materi yang diberikan hingga 20%. Selebihnya, calon anggota harus menerapkan materi di tempat. Pelatihan tersebut diselenggarakan di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan dengan judul Penanggulangan Teror Bidang Laut (PTAL).  

Selama pelatihan, anggota Denjaka belajar terjun payung dan bergerak cepat melintasi laut dengan daya tahan tinggi untuk bertahan hidup di darat.

Seri latihan ini adalah level yang intens. Tidak mengherankan bahwa hanya sekitar 50 orang yang lolos ujian seleksi setiap tahun.

Calon personel Denjaka juga harus bersiap menghadapi ombak kencang Laut Banyuwangi, Jawa Timur, dengan kondisi tangan dan kaki terikat melalui latihan bela diri.

Halaman:

Editor: Manda Jabodetabek.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI Gelar Latihan Penanggulangan Terorisme

Jumat, 17 Juni 2022 | 14:25 WIB
X