• Jumat, 19 Agustus 2022

Wakapolda Banten Pimpin Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Panda dan Kelulusan Akhir Penerimaan Bintara

- Minggu, 3 Juli 2022 | 06:25 WIB
Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Banten Brigjen Pol Ery Nursatari (Jabodetabek.Id)
Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Banten Brigjen Pol Ery Nursatari (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Banten Brigjen Pol Ery Nursatari memimpin Sidang terbuka kelulusan tingkat Panitia Daerah (Panda) Banten dalam penerimaan terpadu Taruna dan Taruni Akpol serta kelulusan akhir penerimaan Bintara Polri tahun 2022.

Sidang digelar di Rupatama Polda Banten, pada Sabtu (02/07), yang dihadiri oleh PJU Polda Banten, panitia seleksi penerimaan, perwakilan orang tua, casis serta diikuti oleh Polres jajaran melalui Zoom Metting.

Pada kesempatan itu, Wakapolda Banten mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para peserta yang telah mengikuti setiap tahapan test secara sehat untuk menjadi anggota Polri melalui Seleksi Penerimaan Terpadu Taruna  serta Taruni Akpol dan Bintara Polri Tahun 2022.

“Ada beberapa tahapan yang telah dilalui oleh para calon Taruna dan Taruni Akpol serta Bintara Polri Tahun 2022, yaitu pendaftaran secara online, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap satu, pemeriksaan psikologi tahap satu, uji akademik Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan tes kompetensi keahlian aspek pengetahuan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus), pemeriksaan kesehatan tahap dua, uji kesamaptaan jasmani dan anthrpometrik, penelusuran mental kepribadian (PMK), pemeriksaan psikologi tahap dua (wawancara), pemeriksaan administrasi akhir dan terakhir dilaksanakan supervisi online oleh panitia pusat,” ujar Ery.

Pada Sidang tersebut, sebanyak 378 peserta dinyatakan lulus terpilih dan berhak mengikuti seleksi ditingkat pusat serta pendidikan di beberapa Lembaga Pendidikan, yaitu SPN Polda Banten, Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair.

Pendidikan akan dibagi dalam 2 untuk gelombang kedua tahun 2022 yang dinyatakan lulus sebanyak 265 orang, "Dari 262 dengan rincian, untuk calon taruna dan taruni akpol lulus Panda 7 orang (5 pria, 1 wanita, 1 kuota khusus), Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) 233 orang (230 pria, 3 wanita) untuk Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) sebanyak 12 terdiri Laboratorium Forensik (Labfor) 3 pria, Tenaga Kesehatan (Nakes) 2 orang (1 pria, 1 Wanita), Polisi Air (Polair) 1 orang, Brimob 5 pria, Teknologi Informasi 1 pria dan Rekrutmen Proaktif (Rekpro) sebanyak 13 orang (11 pria, 2 wanita," kata Ery.

"Sedangkan untuk gelombang satu tahun 2023 sebanyak 113, terdiri dari Rekrutmen, Bintara PTU 99 orang (91 pria, 8 wanita), Bakomsus sebanyak 14 dengan rincian Labpor 3 pria, Logistik 1 pria, Nakes 2 orang (1 pria,1 wanita), Polair 2 pria, TI 3 orang (2 pria, 1 wanita), Polair 2 pria dan Brimob 3 pria," lanjut Ery.

Ery juga mengatakan bahwa penerimaan dilaksanakan secara clear and clean, “Penerimaan Terpadu Taruna dan Taruni Akpol dan Bintara Polri Tahun 2022 dilaksanakan dengan clear and clean, dengan menerapkan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (Betah),” ucap Ery.

Ery juga mengapresiasi para peserta yang telah melaksanakan test, dengan mengoptimalkan kemampuan dari masing-masing untuk dapat lulus dari tiap tahapan test yang mereka lalui.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tunjuk Karowabprof Jadi Plh Karopaminal

Minggu, 24 Juli 2022 | 17:27 WIB

Flight to 76 Bhayangkara Paramotor Polda Banten

Jumat, 1 Juli 2022 | 15:37 WIB
X