• Jumat, 19 Agustus 2022

Hari Bhayangkara ke-76, Momentum Anggota Polri Bersatu Laksanakan Amanat Presiden Jokowi

- Rabu, 6 Juli 2022 | 15:01 WIB
Pengamat Kepolisian Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto bersama Kadiv Humas Polri (Jabodetabek.Id)
Pengamat Kepolisian Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto bersama Kadiv Humas Polri (Jabodetabek.Id)

Jabodetabek.Id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-76 digelar di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tanggal 1 Juli 2022 baru diselenggarakan pada tanggal 5 Juli 2022, karena menunggu kembalinya Presiden Jokowi dari kunjunganya ke Rusia dan Ukraina dalam rangka ikut serta untuk mewujudkan perdamaian dunia sesuai amanat konstitusi UUD 1945.

Pengamat Kepolisian Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto mengatakan, peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 ini, merupakan momentum yang sangat tepat bagi semua jajaran dan Anggota Polri untuk bersatu dan bertekad untuk melaksanakan amanat Presiden Jokowi.

"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, Presiden mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat dan dalam membela bangsa dan negara," kata Sisno dalam keterangan tertulisnya.

Sisno menuturkan, Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri. Menurutnya, kewenangan Polri sangat besar dan merupakan organisasi yang luas hingga menembus tingkat desa.

"Setiap hari anggota Polri besentuhan langsung dengan masyarakat. Di manapun anggota Polri bertugas, anggota Polri selalu dalam pengamatan rakyat dan selalu dalam penilaian rakyat. Rakyat menilai apakah perilaku anggota Polri sesuai dengan harapan rakyat," katanya.

Dalam survei terbaru Kompas, sebanyak 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai dengan visi presisi. Tapi ingat, 28,6 persen menyatakan belum sesuai.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi berpesan agar anggota Polri untuk tak melakukan kecerobohan di lapangan. Sebab sekecil apapun kecerobohan, akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Presiden Jokowi juga meminta kehadiran Polri di tengah rakyat tanpa jeda, karena diperlukan saat pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan demi mewujudkan Indonesia damai dan maju.

Halaman:

Editor: Jabodetabek.Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tunjuk Karowabprof Jadi Plh Karopaminal

Minggu, 24 Juli 2022 | 17:27 WIB

Flight to 76 Bhayangkara Paramotor Polda Banten

Jumat, 1 Juli 2022 | 15:37 WIB
X